Prof Musakkir Ingatkan Empat Pilar Olahraga

  • Bagikan

* Pada Pelantikan Pengurus Cabang Karate-Do Gojukai Kota Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BATUPASI– Ketua Dewan Guru Gojukai Komda Sulsel, Prof Dr Musakkir SH MH melantik Pengurus Cabang Karate-Do Gojukai Kota Palopo masa bakti 2020-2024 di Gedung Saodenrae Convention Centre (SCC), Sabtu, 8 Januari 2022.

Kegiatan ini dirangkaian Ujian Penurunan Kyu Cabang Kota Palopo dan Kabupaten Luwu di SCC pada 8-9 Januari 2022.

Pengurus yang dilantik yakni Ketua Umum Gojukai Palopo Mayor Kav. Suparman SPd yang juga Kasdim 1403 Palopo, Wakil Ketua Umum Sudirman SKm MKes Phd, Sekretaris Raslim Ramli, Wakil Sekretaris Sulhidayat Ampulembang SPd, Bendahara Asmawati Zainuddin SE, Wakil Bendahara Lili Daryati SE, dan lainnya.

Tampak hadir Wali Kota diwakili Asisten III Pemkot Palopo Dr Ishaq Iskandar MKes MM, Ketua Forki Palopo, dr Abdul Syukur Kuddus SpB, Kapolsek Wara, Kasi Intel Kejari, pengurus Inkado,.Inkanas, perwakilan KONI, dan lainnya.

Prof Muzakkir dalam sambutannya, menegaskan, salah satu tujuan organisasi olahraga, termasuk karena adalah prestasi.

Untuk tujuan tersebut, maka ada empat pilar olahraga yang harus diperhatikan. Pilar yang pertama pengurus. Kedua atlet. Ketiga pelatih. Dan keempat wasit.

Dalam berbagai kejuaraan, tiga pilar umumnya mendapat perhatian yang baik dari pengelola. Namun terkadang, pilar wasit kurang mendapat perhatian. Padahal, pilar ini memiliki peran strategis dan penting untuk meraih prestasi.

Salah satu peran wasit, adalah berkomunikasi dengan wasit daerah lain atau negara lain. Agar apabila negara atau daerahnya bertanding, jangan dicurangi. ”Karena tidak bisa dipungkiri, kadang ada wasit berbuat curang secara sengaja maupun tidak sengaja, sehingga merugikan suatu tim,” ungkapnya.

Kemudian, Prof Musakkir juga mengingatkan tiga nilai universal olahraga. Yakni prinsip persahabatan, respektif atau penghormatan, dan exelent atau terbaik. (ikh)

  • Bagikan