17 Januari, Sembilan Kecamatan Kirab Budaya

  • Bagikan

* Bersama Pasukan Kedatuan, Tiga Anak Tellue, dan Lainnya

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Pekan Budaya Tana Luwu (PBTL) dilaksanakan pada 17-23 Januari 2022. Even ini diawali dengan pelaksanaan Kirab Budaya yang dimulai pukul 08.00 Wita, Senin, 17 Januari 2022 pekan depan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palopo, Karno SSos yang dikonfirmasi Palopo Pos, Senin, 10 Januari 2022 kemarin, sembilan kecamatan se Kota Palopo ikut ambil bagian pada Kirab Budaya PBTL.

Karno juga menyampaikan bahwa Dinas Kebudayaan merupakan Perangkat Daerah (PD) supporting Kirab Budaya. Bagi instansi pemerintah dan organisasi kepemudaan maupun organisasi masyarakat, yang ingin ikut Kirab Budaya, bisa mendaftar pada Dinas Kebudayaan Palopo di Jl. Balaikota (depan Lapangan Gaspa).

Terpisah, Koordinator Seksi Acara Panitia PBTL, Salahuddin Abadi yang dikonfirmasi Palopo Pos, Senin, 10 Januari 2022 kemarin, peserta Kirab Budaya start di Lapangan Pancasila menuju Istana Kedatuan Luwu dan finish di Lapangan Gaspa.

Pada intinya, peserta kirab terdiri Pasukan Kedatuan berada pada barisan paling depan, lalu sembilan kecamatan se Palopo, tiga tiga anak tellue, pemerhati benda pusakan Kerukunan Keluarga Luwu Raya Kolaka Utara.

”Itu yang sudah pasti ikut kirab. Masih ada daerah lain yang menyampaikan untuk ikut, seperti Kerajaan Gowa, dan lainnya,” kata mantan Kadis Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Palopo ini.

Ditambahkan, pelaksanaan Kirab Budaya mengacu pada protokol kesehatan. Sehingga rombongan tidak membawa anggota yang terlalu besar. Jumlah anggota sekira 30 orang tapi mampu memberikan pertujukan busana dan ornamen adat yang menarik. (ikh)

  • Bagikan