14 Figur Mewacana Maju pada Pilkada 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA— Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kab. Luwu masih dua tahun lagi. Namun sejumlah nama telah mewacana akan maju pada perhelatan tersebut. Umumnya politisi.

Seperti Arham Basmin Mattayang (Ketua NasDem Luwu), Syukur Bijak (Wakil Bupati Luwu), H Husmaruddin (Anggota DPRD Sulsel Fraksi PAN), Patahuddin (Ketua Golkar Luwu), H Harbi Syam (anggota DPRD Provinsi Papua Fraksi Gerindra), dan lainnya.

”Yang kita dengar isu berkembang di masyarakat Arham Basmin, Syukur Bijak, H Husmaruddin, Patahuddin, H Harbi Syam,” sebut Wakil Ketua DPRD Luwu, Zulkifli ST MSi yang diminta pendapatnya secara pribadi, Rabu, 12 Januari 2022 kemarin.

Zulkifli memberi jawaban diplomatis saat ditanya dirinya untuk maju di Pilkada Luwu. ”Fokus di DPRD saja,” sebutnya.

Informasi lain yang dihimpun Harian Palopo Pos, setidaknya ada 14 figur yang saat ini terwancana untuk maju sebagai bakal calon Bupati Luwu.

Ke-14 figur tersebut yakni Ketua DPC Demokrat Luwu, Syukur Bijak. Figur ini terus terwacana akan maju di Pilkada Luwu sebagai calon Bupati Luwu dengan jejak rekam politik yang tidak diragukan. Ayahanda anggota DPR RI Muhammad Dhevy Bijak ini tercatat sebaga anggota DPRD Luwu termuda dijamannya dua periode. Pula ia sudah menjabat 2 kali sebagai Wakil Bupati Luwu, sehingga tidak ada alasan bagi SBj sapaan akrab untuk tidak bertarung maju sebagai bakal calon Bupati Luwu di Pilkada 2024.

Lalu figur yang membidik bursa calon Bupati Luwu 2024, yaitu Patahudding. Mantan ASN Kementerian Agama Kabupaten Luwu ini hadir dengan lompatan politik yang luar biasa dan banyak mendapat simpati masyarakat Luwu.

Patahuddin saat ini cukup populer, karena ia sosok anak muda yang punya nyali maju di Pilkada Luwu 2018 lalu sebagai calon Bupati Luwu menantang dua tokoh politisi senior yang bersatu yakni H Basmin Mattayang dan Syukur Bijak. Meskipun belum beruntung, namun sosok yang saat ini menggenggam Ketua DPD II Golkar Luwu ini mampu meraup suara hampir 40 persen atau sekitar 73 Ribu pemilih di Kabupaten Luwu.

Selanjutnya, Dr H Husmaruddin SE MM. Sosok yang memiliki tagline HMD Anak Desa ini memiliki keseriusan untuk maju dengan segudang prestasi politik. Ia pernah menjadi kepala desa dua periode. Pernah menjadi wakil Ketua DPRD Luwu dan menjadi anggota DPRD Sulsel. Husmaruddin juga dikenal sebagai sosok akademisi yang dekat dengan mahasiswa yang diajarkannya. kiprah Husmaruddin sangat jelas dalam membesarkan Partai Amanat Nasional di Kabupaten Luwu

Rusli Sunali, Sosok politisi muda ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, Rusli Sunali yang saat ini menjabat Ketua DPRD Luwu juga menjabat Ketua DPC PPP Luwu. Kans Rusli Sunali cukup besar untuk maju di Pilkada Luwu 2024, mengingat ia sudah 3 periode menjadi legislator DPRD Luwu. Bahkan saat ini Rusli mencatat prestasi politik yang luar biasa di Pemilu legislatif 2019 lalu dimana ia mampu merebut suara terbanyak dan mendudukkan kader DPC PPP 6 orang di parlemen DPRD Luwu dan mengantarnya menggenggam kursi parlemen DPRD Luwu periode 2019-2024.

Figur yang berpeluang maju calon Bupati Luwu dari tokoh muda yakni sosok H Andi Muhammad Arham Basmin, yang saat ini menjabat sebagai Ketua KNPI Propinsi Sulsel. Arham Basmin yang tidak lain adalah putra dari Bupati Luwu H Basmin Mattayang disamping sosok organisatoris, kedepan mantan Ketua Harian AMPI Sulsel periode 2010-2014 ini berpeluang maju calon Bupati Luwu karena disamping memiliki pengalaman sebagai sosok politisi dan memiliki banyak relasi, belum lama ini Arham Basmin dilantik menjadi Ketua DPD Partai Nasdem yang saat ini mengontrol 3 kursi di parlemen DPRD Luwu.

Wahyu Napeng, Politisi PAN Luwu ini juga memiliki kans besar untuk maju calon Bupati Luwu, karena Wahyu Napeng telah membuktikan diri menjabat dua periode sebagai anggota DPRD Luwu dan sempat terwacana maju sebagai bakal dalam Pilkada Luwu 2018 lalu. Wahyu Napeng yang saat menggenggam kursi Ketua komisi II DPRD Luwu sangat dekat dengan petani dan memiliki tagline ‘Petani Memanggil’.

Politisi yang juga terwacana, dari tokoh perempuan Hj Hayarna Basmin SH, M.Si. Istri Bupati Luwu H Basmin Mattayang ini punya kans yang cukup besar, pasalnya Hayarna Basmin pernah menggenggam kursi Ketua DPRD Luwu dari Partai Golkar. Hayarna menjadi Srikandi sekaligus politisi Luwu yang patut diperhitungkan apalagi saat ini ia juga menjabat sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat dan Ketua TP-PKK Luwu yang dijabatnya dua kali.

Fadriaty Asmaun ST, MM Srikandi Partai Demokrat Fadriaty Asmaun yang akrab di sapa Enceng ini nampaknya bersinar pasca berhasil menggenggam kursi anggota DPRD Propinsi Sulsel untuk kedua kalinya. Sosok perempuan yang kerap tampil maskulin ini sangat dekat dengan sejumlah figur kepala desa di Luwu dan banyak berinteraksi dengan dengan ormas dan insan pers di Luwu.

Nama lain yang juga terwacana bakal calon Bupati Luwu, yaitu, sosok Andi Tenrikarta Mudzakkar. Mantan Ketua TP-PKK Luwu yang memiliki sikap low profile ini tidak bisa dianggap remeh, pasalnya istri mantan Bupati Luwu dua periode H Andi Mudzakkar yang juga calon Wakil Gubernur Sulsel 2018 tersebut bisa mendapatkan tumpahan simpatisan HA Mudzakkar di Kabupaten Luwu.

Buhari Kahar Mudzakkar. Trah dari sosok kharismatik Abdul Qahhar Mudzakkar nampaknya tidak bisa diabaikan di Pilkada Luwu selanjutnya. Figur yang juga mewacana bakal maju calon Bupati Luwu adalah Buhari Kahar Mudzakkar. Sosok yang akrab di sapa BKM ini juga politisi senior yang pernah menjabat anggota DPRD Provinsi Sulsel. Dikenal sangat dekat dengan berbagai tokoh di Tana Luwu BKM adalah sosok politisi yang cerdas.

Nama lain yang ikut terwacana adalah mantan wakil Bupati Luwu H Amru Saher. Politisi PKS ini tidak bisa dianggap remeh dengan prestasinya yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Porpinsi Sulsel dua periode. Saat ini Amru Saher aktif di partai Gelora dan sangat dihormati kelompok agamis di Kabupaten Luwu.

Disamping nama-nama diatas, terdapat figur baru yang terwacana saat ini yang turut membidik kursi Calon Bupati Luwu dan nampaknya siap maju di Pilkada 2024, yaitu H Harbi Syam. Pria kelahiran Bajo saat ini eksist membangun usaha dan karier politik di Provinsi Papua Barat. Harby Syam tercatat sebagai anggota DPRD Provinsi Papua Barat 2 periode dan hari ini sangat intens bersosialisasi di Kabupaten Luwu untuk maju sebagai calon Bupati Luwu.

Saifuddin Kasim. Ia adalah sosok yang juga membidik kursi calon Bupati Luwu 2024. Tercatat masih menjadi di ASN di Propinsi Papua Syaifuddin Kasim bahkan sudah terwacana menjadi bakal calon Bupati Luwu sejak tahun 2018 lalu. Saat ini Saifuddin Kasim punya kans untuk maju di Pilkada Luwu karena ia juga memiliki kedekatan dengan sosok Ketua DPD PAN Luwu, Hj Asni SPi yang tidak lain adalah istrinya

Perwira militer aktif putra Luwu, Letnan Kolonel CPM Tabi Pasenggong. Sosok yang pernah menjabat Komandan Detasemen Polisi Militer XIV/2 Parepare dan Komandan Detasemen Polisi Militer XIV/4 Makassar ini juga terus terwacana untuk maju sebaga1 bakal calon Bupati Luwu 2024. Namanya juga saat ini sering disebut-sebut di Warung Kopi di Belopa. Tabi Pasenggong saat ini juga dikenal akrab dengan insan pers dan berbagai tokoh masyarakat. (and/ikh)

  • Bagikan