Diduga karena Handphone, Sepeda Motor Pelajar di Lutra Dilahap Api

  • Bagikan

Nampak sepeda motor matic yang dilalap api Jumat, 14 Januari 2022. –riawan–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA– Sebuah peristiwa kebakaran terjadi di depan Kantor Camat Baebunta, Kabupaten Luwu Utara (Lutra). Kali ini bukan rumah atau pondok yang diamuk oleh api seperti tiga kejadian dalam berita sebelumnya, melainkan satu unit sepeda motor matic yang sedang dikendarai oleh pemiliknya yang dilalap api.

Peritiwa tersebut terjadi, Jumat 14 Januari 2021 sekira pukul 11:30 Wita sebelum sholat Jum’at.

Belum diketahui secara pasti penyebab unit sepeda motor yang diketahui dikendarai oleh seorang pelajar asal Desa Kanandede, Kecamatan Rongkong, Lutra itu diamuk oleh api. Namun beberapa warga setempat yang menyaksikan kejadian itu, berasumsi bahwa penyebab amukan api itu dikarenakan handphone pemilik kendaraan yang disimpan di dalam jok sepeda motor yang nyaris tinggal rangka itu.

Sementara asumsi lain dari salah seorang staf kantor Camat Baebunta, Jalman, yang juga ikut serta membantu memadamkan api yang menyala pada sepeda motor itu, saat dikonfirmasi, Sabtu (15/01) dia berpendapat bahwa penyebab timbulnya nyala api hingga terjadi kebakaran, itu disebabkan karena korsleting kabel pada sepeda motor tersebut.

“Menurut infomasi di lokasi, katanya ada handphone yang disimpan di dalam jok motor tersebut yang menjadi pemicu kebakaran, tapi menurut saya bukan itu penyebab terjadinya kebakaran melainkan lebih pada korsleting kabel sehingga memicu timbulnya bunga api dan terjadi kebakaran,” kata Jalman.

Akibat kejadian itu lanjut Jalman, sepeda motor matic pelajar itu mengalami kerusakan cukup parah, diantaranya bagian sadel, kap, hingga mesin yang dekat dari sumber api nyaris ludes tak tersisa. Kemudian bagian pijakan kaki, setir, spidometer dan kap bagian depan ikut meleleh dilahap api.

“Sepeda motor milik pelajar asal Kanandede itu masih ada di halaman Kantor Lurah Salassa. Sementara pemiliknya pasca kejadian, pulang usai menitip kendaraannya,” tambahnya.

Peristiwa nyala api pada unit sepeda motor yang sedang dikendarai oleh pemiliknya itu, bukan hanya terjadi sekali saja di Tana Luwu. Namun berdasarkan catatan PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, peristiwa tersebut telah terjadi sebanyak dua kali terhitung dari tahun 2021 yang lokasinya berada di jalan trans Sulawesi, Palopo tepatnya di depan pemakaman warga Tionghoa, sepeda motor matic dikendarai oleh seorang emak- emak juga dilalap api saat itu.(Riawan)

  • Bagikan