Lewat PKM, FEB UMI Makassar Dorong Kreativitas Masyarakat Dalam Pengembangan Usaha dan Peningkatan Ekonomi

  • Bagikan

MAKASSAR — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia (FEB UMI) Makassar melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Program Kemitraan Kepada Masyarakat (PKM).
Kegiatan ini menjadi kegiatan yang dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun bagi dosen, sebagai wujud nyata dalam pelaksanaan Tridarma perguruan tinggi yang salah satunya adalah melakukan kegiata PKM.

Dua dosen FEB UMI Makassar Dr. H. Zainuddin Rahman, SE.,M.Si dan Prof. Dr. Hj.Syamsu Nujum, SE.,M.Si melaksanakan PKM Desa Borisallo Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa selama 4 bulan sejak bulan Agustus 2021 dan berakhir bulan November Tahun 2021, dengan mengambil judul “Pengelolaan Singkong dalampembuatan Singkong Frozen dan Keripik Singkong Keju Renyah Desa Borisallo Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa”.
Kegiatan PKM dimaksudkan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi dan kewirausahaan untuk mendorong perkembangan usaha dan peningkatan ekonomi masyarakat perdesaan berbasis pada sumber daya alam. “Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat secara khusus kami lakukan pada kelompok Mitra di Desa Borisallo Kabupaten Gowa dengan harapan supaya usaha rumah tangga dapat berkembang secra terus menerus sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Zainuddin.
Dengan usaha pembuatan Produk Singkong Frozen dan Keripik Singkong Keju Renyah diharapkan dapat berkembang mengingat produk tersebut mempunyai permintaan pasar yang relative besar, apalagi dengan Keripk Keju Renyah sangat digemari oleh anak-anak kelompok remaja maupun dewasa karena teksturnya yang sangat lembut dibanding keripik ubi yang biasa.
Kegiatan PKM ini diharapkan dapat tersebar luas ke seluruh lapisan masyarakat sehingga menjadi inspirasi dan motivasi dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di daerahnya sehingga dapat menumbuh kembangkan Usaha Mikro, Kecil (UMK) di daerah perdesaan sekaligus menjadi solusi dalam penanggulangan pengannguran dan pengentaskan kemiskinan perdesaan.(rls)

  • Bagikan