Pekan Budaya Gairahkan Ekonomi

  • Bagikan

* Dibuka YM Datu Luwu Lewat Pukul Gong, Dimeriahkan 3.000 Peserta Kirab

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Yang Mulia (YM) Datu Luwu XL, H Andi Maradang Mackulau SH Opu To Bau membuka secara resmi Pekan Budaya Tana Luwu (PBTL) di Istana Kedatuan Luwu, Senin, 17 Januari 2022.

Ditandai pemukulan gong oleh YM Datu dan pengibaran dua bendera yakni Kedatuan Luwu serta bendera ‘manacangnge’ oleh pasukan pengibar bendera dari SMK Pelayaran Samudera Nusantara Utama Palopo. Sebelum acara, terlebih dahulu dikibarkan bendera merah putih. Selanjutnya, menerima penghormatan peserta kirab budaya.

Menurut Kadis Kebudayaan Palopo, Karno, peserta kirab budaya sebanyak 20 rombongan dengan jumlah peserta sekira 3.000 orang. Peserta terbanyak dari Kemaddikaan Ponrang mencapai 750 orang (sesuai info Ketua Panitia Kirab Anak Tellue’E Kemaddikaan Ponrang, Drs H Andi Muin MM).

Usai kirab budaya, dilanjutkan pembukaan Pasar Rakyat oleh Staf Ahli Menteri Koperasi dan UMKM Bidang Hubungan Antar Lembaga, Ir Luhur Pradjarto MM didampingi Gubernur Sulsel diwakili Kadis Pariwisata, Prof Dr Muh Djufri MSi MM di Lapangan Gaspa sekira pukul 12.00 Wita.

Menurut Luhur Pradjarto dalam sambutannya, pemukulan gong oleh YM Datu Luwu sebagi simbol menggaungkan event PBTL keseluruh nusantara. Ini semua merupakan upaya YM Datu Luwu bersama pemerintah untuk mensejahterakan rakyat di Tana Luwu.

”Kalau kita perhatikan, ekonomi kita mulai bangkit lagi setelah hampir tiga tahun dilanda pandemi Covid-19. Pekan raya ini dilaksanakan dalam rangka menggemakan pelaku UKM. Produk UKM di Palopo dan Tana Luwu. Apa yang diperlukan pelaku usaha, itu yang dibantukan,” jelasnya.

Khusus Palopo, Staf Ahli Menteri mengimbau kepada pemerintah untuk memilih salah satu sektor untuk dijadikan rumah produksi. Apalagi, Wali Kota Palopo ini sangat hebat. Ia sangat peduli terhadap UMKM.
Sementara Wali Kota Palopo, HM Judas Amir dalam sambutannya, antara lain menyampaikan, Pemkot Palopo sangat siap membantu kegiatan-kegiatan budaya seperti PBTL.

Wali Kota juga sejalan dengan penyampaian Opu Pabbicara Drs HM Luthfi A Mutty Opu To Ampanangi dalam sambutan selamat datangnya mewakili YM Datu Luwu.

Bahwa Indonesia tahun ini menjadi presidensial pertemuan G20. ”Mungkin kita tidak menyadari bahwa apa yang kita lakukan hari ini, ada kaitannya Indonesia sebagai presidensial G20. Semoga dapat disampaikan kepada pemerintah pusat melalui Staf Ahli Menteri kepada Menteri,” kata Luthfi.

Sebelumnya, Ketua Panitia PBTL 2022, Agus Riyanto SH yang juga Kajari Palopo, tujuan PBTL yakni wadah bersatunya Wija To Luwu (WTL) untuk menumbuhkan, melihat, menjaga, dan melestarikan budaya Tana Luwu di bumi nusantara. Sedang maksud kegiatan, mengingatkan kembali WTL agar memahami wisata budaya Tana Luwu.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir bersama unsur forkopimda Kota Palopo foto bersama YM Datu Luwu dan permaisuri. (Inzet) Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang dan Wabup Lutra, Suaib Mansur foto bersama YM Datu Luwu. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PBTL dilaksanakan selama sepekan, pada 17-23 Januari 2022. Dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan seperti kirab budaya, pasar rakyat, pameran benda pusaka, karnaval budaya, lomba maddui (membuat) kapurung, pameran foto, sejumlah ritual adat, pentas seni, dan sebagainya.

Pantauan Palopo Pos, kirab budaya yang diikuti 20 rombongan. Paling depan Pasukan Kedatuan, lalu 9 kecamatan Kota Palopo, anak tellue yang terdiri (Makole Baebunta, Maddika Bua, Maddika Ponrang), rombongan empat kab/kota se Tana Luwu seperti sanggar seni Sorowako, Peduli Perempuan Palopo, Komunitas Adat Ba’tan, Pusat Studi Luwulogi IAIN Palopo, dan rombongan lainnya.

Tampak hadir, Ketua TP-PKK Palopo dr Hj Utia Sari MKes, Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, Wakil Bupati Luwu Suaib Mansyur, Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, anggota DPR-RI Dapil 2 Sulsel Andi Muawiyah Ramli (WTL asli Suli), dan lainnya.

Ekonomi

Pekan Budaya Tana Luwu berlangsung semarak dihadiri staf ahli Menteri Koperasi dan UMKM, Bidang Hubungan Antar Lembaga Ir Luhur Pradjarto, MM, Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Sulsel, Kadis Pariwisata Sulsel, Prof Muh Jufri.

Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM, Ir Luhur Pradjarto MM menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah momen yang kuat. Tidak hanya untuk mempererat tali silaturahmi namun menghidupkan perekonomian di Tana Luwu. Bahkan lebih luas lagi di Sulsel.

“Ini semua tidak lain adalah upaya Kedatuan Luwu bersama Pemda bagaimana bisa mensejahterakan rakyat khususya di Luwu Raya dan pada umumnya masyarakat di Tana Luwu ini,” katanya.

Jika diperhatikan, ekonomi kita sudah mulai bangkit lagi, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi kita yang baik yang saat ini tumbuh hingga 7 persen jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnyam dari tahun ke tahun telah mencapai lebuh dari 7 persen untuk triwulan keempat. “Jika kita lihat rangkaian acara, tidak hanya kirab, namun ada juga pasar rakyat, festival budaya, ini sesuatu hal yang luar biasa dan mendukung kegiatan UMKM yang ada,” katanya. Ditambahkan dengan rangkaian kegiatan yang cukup panjang, 7 hari ini betul-betul bisa menumbuhkan ekonomi msyarakat. Namun ia mengingatkan agar protokol kesehatan tetap dijaga.

Sementara itu, Kepala Dinas dan Pariwisata Pemprov Sulsel, Prof Muh Jufri di kesempatan itu menyampaikan apresiasi kegiatan ini, dimana dalam catatan sejarah, masyarakat Tana Luwu diakui sebagai salah satu cikal bakal dari kerajaan lainnya di Sulsel.

Peran kedatuan tidak hanya sebatas pada masalah kultural, namun lebih daripada itu. Kedatuan memberikan sumbangsih terhadap budaya dan nilai nilai sosial, potiik, ekonomi dan pembangunan dan melalui kegiatan ini itu bisa terjaga dengan baik.

Kedatuan ini telah membentuk kekuatan yang sangat luar biasa dalam menumbuhkan modal Intelektual kita, modal kelembutan, modal sosial dan juga modal spritualitas yang kuat.

Adanya pergeseran nilai nilai budaya kata mantan akademisi UNM ini terus terjadi dari waktu ke waktu, Karena itu kegiatan ini sangat diharapkan agar budaya yang menjadi kekuatan dan menajdi karakteristik Tana Luwu aga terus terjaga.(ald/ikh)

Jadwal Kegiatan PBTL 2022

Selasa, 18 Januari 2022
* 09.00-11.00 MAKKASIWIANG DARI KABUPATEN LUWU
* 11.00-12.00 STREET PERFORMANCE DARI KABUPATEN LUWU
* 14.00-15.00 MAKKASIWIANG DARI LUWU TIMUR
* 15.00-16.00 STREET PERFORMANCE DARI KABUPATEN LUWU TIMUR
* 16.00-18.00 LIVE PAINTING
* 16.00-18.00 LOMBA BACA PUISI/SAJAK DAN CERITA BERBAHASA DAERAH
* 20.00-23.00 PENTAS SENI Panggung Utusan dari Palopo dan Luwu Timur

Rabu, 19 Januari 2022

* 09.00-12.00 MACCERA ANA’ LOLO
* 16.00-18.00 LOMBA BACA PUISI/SAJAK DAN CERITA BERBAHASA DAERAH
* 16.00-18.00 LIVE PAINTING
* 20.00-21.00 TANA LUWU FOLKSONG COMPETITION. (*)

  • Bagikan