Yusran Paris Jajaki Pembentukan Pengurus MPD ISMI Kota Palopo

  • Bagikan

PALOPO — Ketua Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (MPW-ISMI) Sulawesi Selatan periode 2021-2026, DR. Ir. Andi Muhammad Yusran Paris, M.Si menjajaki pembentukan pengurus Majelis Pengurus Daerah (MPD) Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Kota Palopo.

Yusran Paris yang sudah dua periode memimpin ISMI Sulsel, ngopi bareng dengan sejumlah pengurus REI Luwu Raya dan pengusaha Hiswana Migas, Selasa 18 Januari 2022, di Lantai 4 Mega Plaza. Sambil menikmati secangkir kopi, Yusran mengaku di sela-sela kunjungannya ke Palopo memanfaatkan untuk menjajaki rencana pembentukan MPD ISMI Kota Palopo. ”Kebetulan saya menghadiri acara keluarga di Kota Palopo jadi sekalianmi untuk menjajaki pembentukan ISMI Kota Palopo,” ujarnya sambil tersenyum.

Hadir dalam ngopi bareng tersebut, Ketua REI Luwu Raya Abdullah Amin, Inno, dan lainnya. Juga hadir Dirut Palopo Pos Amran Suyuti yang memang kawan lama dengan Yusran Paris di Kota Makassar.

ISMI adalah institusi perkumpulan Saudagar Muslim Seluruh Indonesia, merupakan kebutuhan dalam kancah da’wah bil hal membangun perekonomian dan kesejahteraan umat, bangsa dan negara.

ISMI sendiri didirikan oleh 4 ormas besar, yaitu NU, Muhammadiyah, ICMI, dan MUI di Jakarta pada tanggal 18 Desember 2012.

ISMI mendorong ekonomi Islam sebagai konsep yang rahmatan lil ‘alamin untuk dimanifestasikan dalam suatu tindakan yang melingkupi peningkatan kesejahteraan, pemerataan kesempatan, penegakan kebenaran dan keadilan serta turut memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dalam bingkai : Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

Menurut Yusran, saudagar/pengusaha muslim di Indonesia harus mengambil peran dan langkah nyata dalam pemecahan sistem ekonomi yang ada saat ini. Oleh Karenanya, sudah sepatutnya pengusaha muslim menjadi pelaku utama yang memberi manfaat, kontribusi besar dan menjadi tiang/soko guru perekonomian UKM (Usaha Kecil dan Menengah) nasional di tengah perubahan yang terjadi di dunia global dan di era digital.

Kehadiran ISMI di Kota Palopo nantinya bisa mengambil peran dan langkah nyata dalam pemecahan sistem ekonomi yang ada di Kota Palopo. ”Kota Palopo paling ideal hadir ISMI,” ujarnya dan disambut baik oleh ketua REI Luwu Raya.

Sementara itu, Abdullah Amin menyambut baik rencana pembentukan ISMI Kota Palopo. ”Kami siap saja. Tergantung dari pak ketua. Hehehe,” ujar Dul–sapaan akrab–ketua REI Luwu Raya.(ary)

  • Bagikan