Diskon PPnBM 100% Diperpanjang hingga Maret

  • Bagikan

* Khusus Mobil Harga Rp200 Juta ke Bawah, Harga Rp250 Juta Diskon 50%

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Pemerintah menyetujui perpanjangan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP). Relaksasi PPnBM berlaku bervariasi bagi mobil dengan harga mulai Rp250 juta ke bawah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, perpanjangan ini untuk mendorong pemulihan sektor otomotif. Diharapkan tahun ini pasar mobil dalam negeri akan kembali tumbuh.

“Diskon ini khusus untuk mobil Rp200 juta ke bawah. Di kuartal pertama (Januari-Maret) diberikan fasilitas 0%, artinya (PPnBM) 3% ditanggung pemerintah,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Keterangan Pers usai Ratas Evaluasi PPKM, Ahad (16/01).

Pada kuartal kedua (April-Juni), pemerintah menanggung PPnBM LCGC sebesar 2%, artinya konsumen tinggal membayar 1% PPnBM LCGC. Kemudian di kuartal ketiga (Juli-September), diskon PPnBM untuk LCGC sebesar 1%, konsumen tinggal membayar pajak 2%.

Terakhir pada kuartal keempat (Oktober-Desember), tidak ada lagi diskon PPnBM untuk LCGC. Artinya konsumen akan dibebankan harga normal tanpa diskon PPnBM pada tiga bulan terakhir 2022.

Menurut Airlangga, pemerintah juga akan memberikan diskon PPnBM untuk mobil yang harganya antara Rp 200-250 juta. Adapun mobil yang diberikan diskon pajak adalah model yang dikenakan tarif PPnBM 15%.

Terpisah, Branch Manager Kalla Toyota Palopo, Gunawan Syuphian mengungkapkan, harga PPnBM baru ini masih menunggu release dari TAM dan HO (Head Office) Kalla Toyota.

Adapun isunya semua mobil di bawah harga Rp 250 juta yang kandungan lokalnya minimal 80-85 persen. Seperti Calya, Agya, Avanza, dan Rush.
Sedangkan, Kepala Cabang Astra Daihatsu, Kota Palopo, Sudarmansyah mengatakan jika
insentif PPnBM berlaku seperti pada Maret 2021 lalu maka di tahun 2022 ini
akan mendongkrak lagi pasar otomotif, terkhusus di wilayah Kota Palopo.

“PPnBM bebas pajak merupakan momen yang dinanti-nanti konsumen. Setahu saya mobil yang diberikan insentif adalah mobil seharga Rp200 juta bebas pajak sedangkan yang harganya Rp250 mendapat diskon pajak sampai 50 persen. Hanya saja, pemberlakukan PPnBM bebas pajak belum ada penyempaian dari pihak perusahaan, kendati demikian kita harapkan insentif itu ada di bulan Januari 2022 ini. Lebih cepat lebih bangus karena itu akan mendongkrak pasar otomotif,” kata Darman, Selasa 18 Januari 2022 siang kemarin.

Dikatakan Darman, bahwa program insentif PPnBM telah terbukti meningkatkan daya beli konsumen. Olehnya itu, semua dealer otomotif di Kota Palopo tentunya menyambut positif program.

“Tapi sekali lagi kami belum mendapatkan informasi adanya diskon PPnBM tahun ini. Dan saya juga baru mengetahui kalau program seperti itu adakan ada lagi lewat media-media on line,” ucapnya.

Disebutkannya mobil kategori LCGC yang nantinya mendapatkan diskon seperti merek Ayla dan Sigra yang harganya di bawah Rp200 juta, sedangkan mobil seharga 250 juta yang mendapat diskon 50 persen jenis Xenia, Rocky, Grand Max hingga Luxio.

“Harapan kami semoga program insentif itu dapat berlaku lagi,” ujarnya. Dari informasi menyebutkan, PPnBM untuk barang otomotif akan berlaku hingga enam bulan pertama 2022. Yakni Januari-Juni 2022 sebagaimana skema anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2022. (him/idr)

– Mobil LCGC ( Rp200 juta ke bawah) diskon 100%.
– Mobil harga Rp 200-250 juta diskon 50% pada kuartal I (Januari-Maret).

  • Bagikan