Andi Hatta: Perlu Maksimalkan Dukungan pada Figur Potensial

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Tana Luwu sangat luas. Terdiri dari empat daerah. Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara, dan Kabupaten Luwu Timur. Jika ditotalkan seluruh penduduknya mendekati 1 juta jiwa. Sedangkan jumlah penduduk Sulsel terbaru sesuai data Sensus Penduduk 2020 BPS sebanyak 9,07 juta jiwa.

Jika hal ini dimaksimalkan, bersatu memilih satu figur untuk maju sebagai calon Gubernur Sulsel 2024, akan sangat berpeluang.
Oleh sejumlah kalangan bahkan telah memberikan pandangan Wija To Luwu (WTL) yang cerdas dan berpengalaman, potensial sebagai calon di Pilgub Sulsel 2024.

Seperti dikatakan Ir H Abd Madjid Tahir MS, kalau WTL yang berpotensi berada pada posisi calon gubernur cukup banyak. Ada mantan Bupati Luwu Timur dua periode, Andi Hatta Marakarma, mantan Bupati Luwu dua periode Andi Mudzakkar, dan mantan Bupati Lutra, Arifin Junaidi. Lalu, yang sedang menjabat seperti Bupati Luwu dua periode Dr H Basmin Mattayang.

Selanjutnya dari figur akademisi ada Prof Jasruddin, mantan Kepala LLDIKTI SultanBaTara yang juga mantan Direktur Pascasarjana UNM, terus Prof Muhammad Ali, mantan Wakil Rektor 2 Unhas yang juga mantan Direktur Pascasarjana Unhas.

Ada juga dari kalangan pengusaha, Jamaluddin Nawir yang membeberkan beberapa nama figur WTL yang potensial maju di pemilihan gubernur Sulsel 2024. Yakni, Mayjen TNI Dr Marga Taufiq MH, Datu Luwu ke-40 Andi Maradang Makkulau, Bupati Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mantan Anggota DPR RI Luthfi Andi Mutty, Azis Kahar Muzakkar, dan Andi Mudzakkar, dan pendiri Unanda, Prof Mansyur Ramly.

Oleh politisi senior Tana Luwu, Ir H Abd Madjid Tahir MS mengungkapkan wWalaupun semuanya berpotensi, untuk maju di Pemilihan Gubernur Sulsel 2024, ia berharap 1 figur saja yang ikut pilgub. Lanjut Majid, yang juga mantan Anggota DPRD Sulsel ini, siapa di antaranya yang maju itu, biasanya akan terlihat pada saat proses tahapan pilkada sudah dimulai.

Sementara itu, salah satu nama yang disebut potensial maju di Pilgub Sulsel adalah Andi Hatta Marakarma. Kepada Palopo Pos yang dihubungi, Rabu 19 Januari 2022, kemarin, mengatakan, ia tidak lagi memikirkan untuk maju atau didorong di Pilgub Sulsel 2024.

“Jangan mi saya dek, sudah lewatmi masanya. Kita cari WTL yang potensial. Kalau ada figur kita sepakati harus didukung total supaya maksimal. Pengalaman pada beberapa kali pemilihan gubernur, kita (WTL) selalu gagal. Ini harus jadi pelajaran berharga menghadapi Pilgub Sulsel 2024 mendatang,” pungkas Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulsel ini.

Hal senada juga dikatakan Luthfi A Mutty. Kepada Palopo Pos yang dimintai tanggapan, mantan anggota DPR RI ini mengatakan, kalau dirinya sudah tidak tertarik lagi dengan urusan pilgub.

“Sudah cukup dan sangat saya syukuri apa yang Allah SWT berikan pada saya. Saya mau istirahat saja, dengan tetap mencermati proses-proses politik pemerintahan. Jika ada yang menyimpang tentu tidak boleh saya diam. Harus dikritisi. Karena saya pembayar pajak. Meskipun nilainya kecil, tapi saya punya andil atas proses politik dan pemerintahan. Maka saya berhak mengkritisi jika ada proses pemerintahan yang keliru. Selebihnya, saya mau menikmati masa pensiun saya,” tuturnya ketika dihubungi sedang berada di Jakarta, dimana sehari sebelumnya menyempatkan menghadiri pembukaan Pekan Budaya Tana Luwu di Istana Kedatuan Luwu.(idr)

  • Bagikan