Mentan RI Kunker Di Torut, Dukung Kembali Lovely Desember di Gelar

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO– Menteri Pertanian Republik Indonesia ,Dr. H.Syharul Yasin Limpo,SH.MH, melakukan kunjungan kerjanya di Lembang Parinding, Kecamatan Sesean , Toraja Utara. Rabu ,19 Januari 2022.

Dalam sambutannya Mentan RI mengatakan saya orang Torajaji dan sebenarnya saya pulang kampungji ,siapakah orang Toraja Itu apakah Bapak ibunya orang Toraja bukan ,yang selalu menjunjung budaya ,adat dan asas -asas kehidupan orang Toraja itulah orang Toraja.Yang peduli Toraja orang Toraja itu ,jangan cuma anda tapi kita juga .

“Pak wakil saya senanglah hadir disini ,tidak ada hal yang saya mau katakan tapi betul itu ganti varietas biar produksinya lebih banyak .Orang Toraja itu Orang hebat Rajin,Jujur,Tulus , persaudara, keluarga itu yang paling tinggi dan selalu bersemangat itu yang paling tinggi .Dan kehidupan yang bagus ini tentu saja karena Tuhan sudah menganugerahkan Toraja itu sebagian dari sorga yang ada di dunia .kata Mentan RI .

Lanjut Mentan RI katakan ,saya 25 tahun jadi kepala daerah ,di Indonesia ini hanya saya yang 25 tahun jadi kepala daerah, 10 tahun jadi Bupati ,5 Tahun jadi Wagub dan 10 tahun jadi Gubernur. Dan Toraja sangat spesial buat saya ,saya perna bilang tidak mau injak Toraja kalau tidak selesai itu airport , dan ternyata ini hari saya mendarat disitu luar biasa.

“Saya punya keyakinan Toraja ini hebat ,kenapa harus ada lovely desember karena saya mau dunia bernatal dan tahun baru disini itu pikiran saya ,kalau natal dan tahun baru disini pastilah semuah kehidupan akan jalan , saya heran saja koq dihilangkan. Jadi saya mendukung lovely desember diadakan lagi ,dan pasti Pak Gubernur juga mendukung itu, ungkapnya.

“kembangkan lahan pertanian, karena pertanian di Toraja sangat bagus, ganti varietas agar produksi pertanian lebih banyak” pungkas Menteri Pertanian dalam sambutannya.

Sementara Wakil Bupati Torut, Frederick V Palimbong dalam sambutannya katakan Kami berbicara tentang Pariwisata  akan membangkitkan lagi lovely deaember ,itu adalah karya dan bantuan Bapak Mentan yang luar biasa saat menjabat Gubernur Sulsel .

“Empat tahun kami lewati tanpa lovely desember rasanya kurang ,sehinggah kemudian Bapak Bupati bersama OPD terkait lalu mencanangkan festival budaya lovely desember. Dan puji Tuhan Bapak datang bersama kami ditempat dimana Bapak selalu dirindukan dan di kenang .ungkap Wabup.

“ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi kami, kami di tantang untuk menyiapkan lahan pertanian minimum 100 hektar dan kami sudah menyiapkan dari 4 kecamatan yakni kecamatan sesean, sa’dan, balusu dan nanggala serta bidang peternakan kami diberi kesempatan untuk menyaiapkan lahan untuk diupayakan menjadi sentra kerbau dan semoga tahun ini kami biasa menjawabnya” Tambah Wabup Torut.

Ditambahkan Kadis Pertanian Toraja Utara ,Medan Sandabunga katakan dengan datang pak menteri pertanian melihat lahan kita yang ada ,makanya hari ini kita mempeelihatkan hamparan sawah yang ada disekitar kita .

Mentan RI SYL saat menyampaikan sambutannya .Rabu, 19 Januari 2022.

“Dengan ada kunjungan Mentan RI di sini ,kita berharap bisa memberikan bantuan dalam hal tanaman pangan ,kita juga berharap ada bibit unggul yang akan diberikan kepada kita ,dan variatasnya itu dapat kita rubah sehinggah kita dapat meningkatkan produksi kita.

Diakuai oleh Kadis Pertanian Torut ,untuk saat ini hasil panen masih sangat rendah ,namun dengan variatas yang baru agar nantinya dapat menghasilkan produksi yang lebih baik.

“Memang saat ini produksi kita masih sangat rendah belum bisa panen 3 hinggah 4 kali karena terkendala air, contoh irigasi tehnik kita kurang termasuk dilahan ini tidak beririgasi tehnis ,makanya dengan kehadiran beliau aga bisa melihat inilah kekurangan mereka .Termasuk dalam penggunaan pupuk masih kurang karena salah satu untuk meningkatkan produksi adalah pupuk,semoga ada bantuan agar kita dapat panen 3 sampai 4 kali.Pungkasnya

Hadir Sekjen Mentan RI ,Dirjen Peternakan ,Dirjen Holtikultura, Dirjen Tanaman Pangan ,Dirjen Perkebunan ,Kepala Litbang ,Direktur Pupuk dan Staf Khusus,

Hadir juga Dandin 1414 Tator Letkol Inf. Amril Hairuman Tehupelasury, S.IP, Kapolres Torut AKBP .Yudha Wirajati , Ketua DPRD Torut Nober Rante Siama ,Ketua Karang Taruna Sekaligus Anggota DPRD Torut Harun Rante Lembang,Anggota DPRD Torut Lembong Mendila dan Anggota DPRD Provinsi Sarwindi Tiranda Biringkanae. (albert)

  • Bagikan