RMB Bernostalgia ‘Beppa To Riolo’ di Taman Baca

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,–Bertempat di Taman Baca Palopo, komunitas Roemah Simpul kembali menggelar acara bertajuk “Nostalgia Beppa To Riolo”, Sabtu, 22 Januari 2022 malam lalu. Kegiatan yang menyuguhkan ragam kue tradisional khas Tana Luwu tersebut telah memasuki tahun kelima sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2018.

Wakil Wali Kota Palopo, Dr Ir H Rahmat Masri Bandaso (RMB) hadir bernostalgia ‘Beppa To Riolo’ pada kegiatan ini. Tampak pula Kadis Pariwisata Palopo Dra Munasirah, dr Cakra, Opu Patunru Kedatuan Luwu, Owner Kambo High Land Palopo Halifa Halide, sejumlah pelaku UMKM, para milenial, pegiat seni, dan pecinta kuliner.

Sebelumnya pada tahun 2020 pelaksanaan kegiatan nostalgia Beppa To Riolo dilakukan secara online, namun tahun ini dilakukan dengan tatap muka dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Menurut Perwakilan Komunitas Roemah Simpul Palopo, Andi Salahuddin Abadi bahwa kegiatan itu adalah wujud untuk menjaga eksistensi keberadaan kue tradisional ditengah gempuran ragam kue kekinian. Dirinya juga mengatakan bahwa kegiatan itu sebagai wujud untuk membangkitkan rasa kecintaan dan kebanggaan lintas generasi terhadap kue tradisional sebagai kekayaan kearifan lokal.

“Kegiatan ini juga menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi Luwu setiap tahunnya,” ucap mantan Kadispora Palopo tersebut.

Pada kesempatan yang sama, RMB yang membuka secara resmi kegiatan itu berharap agar momentum nostalgia Beppa To Riolo dapat dilakukan secara berkesinambungan. Bahkan jika memungkinkan tidak hanya setahun sekali, tapi perlu dipikirkan dan diupayakan lebih dari sekali dalam setahun.

“Kegiatan ini perlu menjadi kalender tahunan dalam event kepariwisataan sebagai daya tarik terhadap potensi wisata Kota Palopo,” tandas mantan ketua DPRD Palopo ini.

Ragam jenis kue tradisional yang disajikan pada kesempatan itu disiapkan oleh para volunteer dari Roemah Simpul dan disajikan secara gratis kepada para pengunjung yang hadir mengikuti rangkaian acara yang berlangsung pada malam hari itu. (ikh)

  • Bagikan