Prof Jamaluddin Jompa Rektor Baru Unhas 2022–2026

  • Bagikan

MAKASSAR — Sudah diprediksi dari awal, persaingan Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Sulsel bakal seru dengan tiga kandidat ‘profesor’ yang berkompetisi.
Gelaran Pilrek Unhas tersebut, dihelat di Ruang Senat Lantai 2 Gedung Rektorat, Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Makassar Sulsel, Kamis (27/1/2022).
Tiga kandidat yang maju yakni Nomor Urut Satu Dekan Fakultas Hukum Prof.DR.Farida Patittingi, SH, MH, Nomor Urut Dua Fekan Fakultas Kedokteran Prof.dr.Budu, Ph.D, S.p.M (K), M.MedEd dan Nomor Urut Tiga Dekan Pasca Sarjana Prof.Dr.Ir Jamaluddin Jompa,
M.Sc.
Hasilnya, putra Takalar kelahiran 8 Maret 1967 itu berhasil mendulang suara terbanyak sekaligus menyingkirkan dua calon pesaingnya.
Prof Jamaluddin Jompa, meraup 11 suara (44 persen), Prof Budu meraih 9 suara (36 persen) dan Prof Farida Patittingi kecipratan 5 suara (20 persen).
Terpilihnya Prof Jamaluddin Jompa, tinggal menunggu pelantikan pada 28 April 2022 mendatang, menggantikan Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu yang menjabat Rektor Unhas dua periode.
Yang menarik, proses Pemilihan Rektor Unhas ini, turut menyalurkan suara yakni Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Menristekdikti), Nadiem Makarim, dalam hal imi mendelegasikan Kepala Biro SDM Kemendikbudristek Dyah Ismayanti.
Menristekdikti sendiri, punya bobot suara 35 persen atau sembilan suara dalam Pilrek ini.
Selain, punya porsi paling tinggi dari jajaran Majelis Wali Amanat (MWA) lainnya.
Sementara, total MWA Unhas sebanyak 19. Namun, dua di antaranya tidak memilih, yakni Rektor dan Ketua Senat Unhas.
Dengan demikian, total punya hak suara sisa 17 orang dengan 25 jumlah suara (9 suara menteri dan 16 suara MWA lainnya).
Terdiri atas unsur ex-officio, perwakilan tenaga kependidikan, 5 orang dari unsur masyarakat, dan 8 dari unsur dosen.
Rinciannya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim (diwakili).
Selanjutnya, Gubernur Sulsel yang saat ini dijabat oleh Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman (diwakili).
Ketua Ikatan Alumni (IKA) Unhas, saat ini dijabat HM. Jusuf Kalla.
Ada pula, Prof Dr drg Chairul Tanjung MBA, Sofjan Wanandi, Komjen Pol (purn) Drs Syafruddin MSi serta Ketua BEM Universitas, saat ini dijabat Imam Mobilingo.
Pemegang suata lainnya yakni Prof Dr Indriyanti Sudirman (FEB), Prof Irawan Yusuf (FK), Prof Ambo Ala (FPertanian), Dr Altin Massinai (MIPA).
Kemudian, Prof Syamsul Bachri (FT), Prof Niartiningsih (FIKP), Prof Bahruddin Thalib (FKG).
Juga, Prof Syamsul Bachri (FH), Ernawati Rifai (Kepala Biro Akademik) dan Drs Johanis Sattu (Kabag Anggaran Masyarakat.
Untuk diketahui, Rektor terpilih ini lahir di tengah keluarga prajurit TNI sehingga dalam menimba pendidikan selalu berpindah-pindah tugas.
Prof Jamaluddin pernah bersekolah di SD Sampeang Bulukumba dan SD 13 Pinrang.
Tak heran, sejak lulus SD hingga perguruan tinggi, dikenal sebagai ‘kutu’ buku dan langganan beasiswa gegara otaknya yang encer.
Prof Jamaluddin Jompa, pun pernah menimba study program magister di McMaster Umiversity Canada dan James Cook University pada program doktoral.
Rektor terpilih di Kampus ‘Merah’ Unhas ini, dikaruniai 4 orang anak buah perkawinannya dengan isteri Hartati Tamti.
Selamat Pak Prof Jamal atas terpilihnya, semoga kedepan dapat membawa Unhas menjadi PTN yang terkemuka, diperhitungkan dan mampu bersaing dengan kualitas pendidikan dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.(int/idr)

  • Bagikan