Diduga Pakai Sabu, 10 Polisi Tes Urine

  • Bagikan

*Jika Terbukti, Kapolres Beri Sanksi Tegas

PALOPO–Polres Palopo kembali mendadak melakukan tes urine terhadap anggota yang dipilih secara acak.
Agar personel Polres Palopo, bersih dari penyalahgunaan barang haram jenis narkoba, 10 polisi di internal Polres Palopo, dihadapkan untuk di tes urinennya.
Beruntung, pengambilan sampel yang berlangsung secara transparan di depan Ruang Propam Mapolres Palopo itu, tidak ada satupun yang memakai narkoba, Senin, 7 Februari 2022.
Pemeriksaan tes urine tersebut dipimpin langsung Kapolres Palopo AKBP H Muh Yusuf Usman SH SIK MT. Didampingi Wakapolres Kompol Sanodding dan Kasat Resnarkoba AKP Budiawan S.IP serta Kasi Propam AKP Idris S.H, pengambilan sampel berjalan aman dan lancar.
Disela-sela kegiatan,AKBP H Muh Yusuf Usman, menegaskaan, tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas terhadap seluruh personel Polres Palopo yang memakai narkoba.
Dijelaskannya, maksud dari tes urine untuk memastikan tidak ada anggota yang terseret pada kasus penyalahgunaan Narkoba.
“Tes urine ini sengaja dilaksanakan secara mendadak tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada Personil Polres Palopo,” ucap Kapolres Palopo, siang kemarin.
Tes urine mendadak dilaksanakan, sambung dia, guna mendeteksi kemungkinan adanya oknum anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, sehingga dengan tes urine ini bisa diketahui hasilnya.
Diungkapkannya, tes urine dilaksanakan dengan menggunakan alat test yang hasilnya bisa diketahui dalam jangka waktu yang sangat cepat setelah dilakukan pemeriksaan, sehingga sulit untuk disembunyikan.
Selain itu, pemeriksaan urine diawasi ketat bagian Propam.
Bahkan, para Propam mengawal ketat pelaksanaan tes tersebut, dari pengambilan urine di kamar mandi hingga hasi tes yang diperlihatkan secara umum pada seluruh personil Polres Palopo.
“Alhamdulillah, kami bersyukur karena berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan kepada 10 personel Polres Palopo, tidak ada satu pun yang menunjukan hasil positif,” tuturnya.(ded)

  • Bagikan