APTISI Tana Luwu dan Tana Toraja Kembali Gelar Uji Asesor Secara Nasional

  • Bagikan

Sambutan Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi Drs. Andi Lukman, M.Si. –hmsaptisi–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO– Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah IX A Sulawesi Komisariat Tana Luwu-Tana Toraja terus melaksanakan kegiatan. Kali
ini, menyelenggarakan penyamaan persepsi dan Uji Asesor beban kerja dosen (BKD) batch 2 secara Nasional.

Kegiatan yang dikemas secara online ini, dilaksanakan, Selasa, 8 Februari 2022.

Adapun pesertanya adalah dosen yang memenuhi persyaratan berjumlah 87 orang. Mereka berasal dari daerah Sulawesi, Sumatera, Jawa Barat, dan Kalimantan.

Kegiatan ini dibuka Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) IX Sultan Batara Drs. Andi Lukman, M.Si.

Pada sambutannya, Drs. Andi Lukman, M.Si. mengatakan, penyamaan persepsi dan uji kompetensi ini merupakan kesempatan yang baik.

”Kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada APTISI Tana Luwu Tana Toraja karena, dalam beberapa tahun terakhir ini selalu menjadi penyelenggara. Selalu memfasilitasi teman-teman kita dalam rangka untuk beban kerja dosen (BKD),” katanya.

Kegiatan ini, lanjutnya, tidak bisa berjalan dengan baik kalau tidak difasilitasi oleh Direktur Direktorat Sumber Daya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Teknologi. ”Dalam hal ini, yang tentunya menyambut baik kami, dari LLDIKTI Wilayah IX.

Bimbingan dari Prof Eko dan teman lainnya, yakni selalu menyempatkan waktunya.

”Beliau selalu melakukan bimbingan kepada kita semua yang akan diakhiri evaluasi BKD Ukom peserta dari berbagai wilayah ini secara nasional. Ini luar biasa. Ini memang harus kita lakukan. Karena, dosen-dosen kita masih banyak yang belum menjadi asesor di Perguruan Tinggi namun sebenarnya telah memenuhi syarat,” katanya.

BKD ini, tentu menjadi bahan evaluasi, harus dibuat secara baik dan secara matang. Oleh karenanya, harus ada reward dan punishment.

Direktorat Sumber Daya Manusia dan sekalian tentunya juga negara juga telah memberikan reward kepada dosen

”Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan supaya kegiatan diikuti ini dengan sungguh-sungguh. Kami selalu mengupayakan bagaimana mengembangkan SDM unggul sehingga beban kerja dosen ini menjadi suatu pedoman bagaimana terus kita meningkatkan kinerja kita,” katanya.

Dan, tentunya akan diproses. Karena itu, terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk melakukan meningkatkan kompetensi dosen.

Sambutan Ketua APTISI Komisariat Tana Luwu Tana Toraja Dr.Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt,M.Kes. –humas aptisi–

Dosen yang lulus diharapkan dapat memberikan bimbingan kepada dosen lain.

”Kita ini masih banyak teman-teman dosen yang belum mengikuti.

Pemaparan Materi oleh Tim BKD Pusat Prof. Eko Hadi Sujiono. –humas aptisi–

Dan, saya yakin masih banyak memenuhi syarat tapi hari ini dan tentunya masih banyak teman-teman yang belum sempat mengikuti paket ini. Oleh karena itu kami mengharapkan kepada tim dari pusat masih selalu memberikan kesempatan kepada kami,” katanya.

Pada kesempatan itu, Andi Lukman juga menyampaikan bahwa APTISI Komisariat Wilayah Tana Luwu Tana Toraja, apa yang dilakukan ini, sungguh sangat luar biasa sekali.

Nampak peserta penyamaan persepsi dan Uji Asesor beban kerja dosen (BKD) batch 2 secara Nasional yang dilaksanakan secara online, Selasa, 8 Februari 2022. –humas aptisi–

”Sekali lagi terima kasih kepada teman-teman,” katanya dalam sambutannya.

Sementara itu Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Komisariat Tana Luwu Tana Toraja Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya.

”Alhamdulillah, hari ini, kali ke dua APTISI Komisariat Tana Luwu Tana Toraja diberi kepercayaan menyelenggarakan Penyamaan Persepsi dan Uji Asesor BKD PO 2021. Yang mana sebelumnya telah dilaksanakan 2 Desember 2021 (Batch 1). Pada Tahun 2019 APTISI Komisariat Tana Luwu Tana Toraja juga telah melaksanakan TOT Asesor BKD PO 2010 dengan bekerjasama LLDIKTI IX dan KemendiRistek,” katanya.

Menurut Nilawati Uly yang juga Rektor Universitas Mega Buana ini, tujuan pada waktu itu APTISI Komisariat Tana Luwu Tana Toraja menyelenggarakan TOT Asesor BKD supaya di Wilayah APTISI Komisariat Tana Luwu Tana Toraja ada Asesor BKD. Sehingga, lanjutnya, para dosen di wilayah Komisariat tidak jauh-jauh lagi ke Makassar pada saat pelaporan BKD.

”Maka, pada saat Kemendikbud Ristek memberlakukan PO BKD 2021 dimana semua Asesor BKD wajib mengikuti Penyamaan Persepsi dan harus lulus Uji Asesor BKD PO 2021, maka APTISI Komisariat TL TT menginisiasi lagi pelaksanaan Penyamaan Persepsi dan Uji Asesor BKD. Alhamdulillah, hal ini terlaksana dengan lancar,” bebernya.

Kegiatan ini berjalan sesuai dengan harapan karena kerjasama APTISI Komisariat Tana Luwu Tana Toraja dengan LLDIKTI IX Sulawesi beserta Kemendikbud Ristek Dikti.

”Kami ucapkan terima kasih kepada Direktorat Sumber Daya Kemendikbud Ristek dan LLDIKTI IX Sulawesi. Semoga semua peserta yang ikut bisa lulus semua,” katanya. (uce)

 

  • Bagikan