Duh, Timnas U-23 Batal Berlaga di Piala AFF 2022, Ini Penyebabnya

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Para pecinta bola di tanah air, harus mengurut dada. Keinginan untuk menonton timnas, harus dikubur dalam-dalam. Karena, tim kebanggaannya, yakni, tim nasional Indonesia U-23, mundur dari Piala AFF U-23 2022.

Pengumuman mengejutkan disampaikan PSSI pada Jumat, (11/2/2022) pagi ini.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengumumkan Timnas Indonesia U-23 mundur dari Piala AFF U-23. Penyebabnya karena banyak pemain yang sedang sakit, entah itu positif Covid-19 atau mengalami cedera.

Tercatat ada tujuh pemain yang positif Covid-19. Mereka ialah Ronaldo Kwateh , Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Selain tujuh nama di atas, empat pemain Timnas Indonesia U-23 juga sedang menunggu masa inkubasi karena satu kamar dengan nama-nama di atas. Mereka ialah Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinam

Selain itu ada juga tiga pemain yang mengalami cedera. Sebut saja Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal. Di posisi kiper saja hanya tersisa orang penjaga gawang yakni Muhammad Riyandi.

Akan tetapi, Riyandi baru saja menjalani karantina selama 10 hari. Satu kiper lainnya, yakni Cahya Supriyadi juga positif covid-19.

Karena itu, Shin Tae-yong meminta kepada federasi untuk membatalkan kiprah Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022. Permintaan Shin Tae-yong sempat menjadi pertimbangan PSSI.

Setelah diskusi antara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Direktur Teknik Indra Sjafri, dan pelatih Shin Tae-yong diputuskan untuk membatalkan keikutsertaan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022.

“Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas. Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera,” ujar Sekjen PSSI Yunus Nusi, seperti dikutip dari okezone.com.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup B Piala AFF U-23 bersama Malaysia, Myanmar dan Kamboja. Timnas Indonesia U-23 sendiri dijagokan menjadi juara Piala AFF U-23 2022.

Selain karena dibela pemain-pemain berpengalaman, skuad Garuda Muda datang dengan status juara bertahan. Namun, dalam kondisi seperti ini, kesehatan jadi yang paling utama. (OZ/PP)

 

  • Bagikan