Kesal Dijanji, Kelompok Tani Ambil Paksa 13 Traktor Dinas Pertanian Tana Toraja

  • Bagikan

Puluhan petani didampingi Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja Fraksi Golkar, Randan Pantong Sampetoding mengambil paksa Alsintan jenis traktor di kantor Dinas Pertanian, Kecamatan Makale, Sabtu (5/3/2022). –risna–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA – Sejumlah petani didampingi Anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja Fraksi Golkar, Randan Pantong Sampetoding mengambil paksa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) jenis traktor di kantor Dinas Pertanian, Kecamatan Makale.

Hal itu dilakukan karena kesal puluhan traktor tak kunjung dibagikan kepada kelompok tani atau petani yang bersangkutan, Sabtu (5/3/2022).

Padahal pihak Dinas Pertanian Tana Toraja semestinya sesuai janji harus membagikan kepada para kelompok tani pada tahun 2021 lalu.

Namun, hingga awal bulan Maret 2022 tidak kunjung pula disalurkan, padahal saat ini musim hujan sehingga traktor tersebut sangat dibutuhkan para petani.

“Terpaksa saya bersama kelompok tani mengambil langsung bantuan traktor yang disimpan terus, para petani sudah bosan dijanji-janji,” ujar Randan.

Menurutnya, bantuan Alsintan traktor sesuai janji harusnya disalurkan untuk kelompok tani paling lambat tahun 2021, dan saat ini sudah bulan ketiga tahun 2022, namun tak kunjung disalurkan sehingga menjadi pertanyaan.

Legislator Tana Toraja itu juga menjelaskan tindakan dilakukan mengambil traktor semata-mata untuk kepentingan masyarakat, sebab alat dibiarkan terparkir dan ditumbuhi ilalang.

“Traktor seharusnya sudah disalurkan, jangan dibiarkan terparkir apalagi ditumbuhi rumput, apalagi saat ini sudah musim tanam, jangan malah traktor diparkir lama di kantor,” terangnya.

Setelah dikonfirmasi, pihak Dinas Pertanian Tana Toraja sekaligus PPK Pengadaan Alsintan, Sumendy mengklaim bahwa traktor terparkir rencananya sudah akan dibagikan.

“Memang rencana kita akan salurkan dalam waktu dekat ini, dan semuanya,” ucap Suwendy, Minggu (6/3/2022).

Hasil ambil paksa, kelompok tani telah dijanji membawa 13 unit traktor menggunakan truk walaupun dipenuhi rumput. (risna)

  • Bagikan