Penutupan MTQ X Tana Toraja, Kecamatan Makale Juara Umum

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA – Rangkaian pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) X tingkat Kabupaten Tana Toraja yang digelar di Aula SKB Ge’tengan, Kelurahan Rante Kalua’, Kecamatan Mengkendek resmi ditutup.

MTQ X tingkat Tana Toraja yang dimulai sejak tanggal 28 Februari 2022 lalu resmi ditutup tanggal 5 Maret 2022.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Tana Toraja yakni Camat Mengkendek, Julius S. Sampelino menutup acara dan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepercayaan telah diberikan kepada Kecamatan Mengkendek selaku tuan rumah.

Lanjut Julius mengakui bahwa patut memiliki tanggung jawab dalam mendukung dan ikut mensukseskan event dua tahunan pemerintah daerah di Tana Toraja itu.

“Kami minta maaf jika selama dalam pelayanan sebagai tuan rumah penuh kekurangan, dan kita berharap ini menjadi momentum bagi kita semua agar tetap saling Siangkaran, Sikamali dan Sipakaboro’ antar umat beragama,” ungkapnya, Minggu (6/3/2022).

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tana Toraja diwakili Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Arifuddin mengapresiasi pemerintah setempat dan panitia telah bekerja keras membantu suksesnya pelaksanaan MTQ X.

“Peran Kemenag pelaksanaan MTQ yaitu sebagai perpanjangan tangan pemerintah, yang tugasnya sebagai perancang tapi kesuksesan acara adalah kerjasama semua pihak,” tutur Arifuddin.

Ketua Panitia Kabupaten MTQ X, Buhari Pamilangan menyampaikan pelaksanaan diikuti 250 peserta dan memperlombakan 20 cabang lomba yang berhasil juara nantinya akan menjadi duta Tana Toraja pada MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Bone yang dijadwalkan tanggal 24 sampai 29 Mei 2022 mendatang.

“Harapan kita pada event tingkat provinsi nantinya nama Tana Toraja disebut di podium sebagai juara,” harap Buhari.

Sebagai juara umum yakni Kecamatan Makale dengan perolehan 11 Medali Emas, 9 Perak dan 7 Perunggu.

Sementara juara kedua diraih Kecamatan Gandangbatu Sillanan dengan perolehan 9 Medali Emas, 6 Perak dan 3 Perunggu. Juara Tiga diraih Kecamatan Sangalla’ dengan perolehan 5 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu.

Selain dihadiri para kontingen pada penutupan MTQ X Tana Toraja juga dihadiri para pejabat struktural dan fungsional Kantor Kemenag Tana Toraja, Camat, Lurah/Kepala Lembang, Danramil Mengkendek, Ketua MUI, Ketua BAZNAS, Ketua NU dan Muhammadiyah dan Tokoh Masyarakat Mengkendek, Victor Datuan Batara (VDB).

Victor yang juga mantan Wakil Bupati Tana Toraja 2016-2021 diberi kesempatan dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga, hormat dan penghargaan atas suksesnya pelaksanaan MTQ X tingkat Kabupaten Tana Toraja di Kecamatan Mengkendek.

“Wabah pandemi Covid-19 masih terus terjadi, dan tidak mengurangi semangat panitia untuk ukseskan pelaksanaan MTQ X sehingga sangat layak mendapatkan apresiasi, dan saya harap dukungan dan sinergi semua pihak agar kontigen MTQ Tana Toraja berjuang mengharumkan nama Tana Toraja ke tingkat provinsi,” tutup VDB. (risna)

  • Bagikan