22 Unit Rumah di Pontap akan Dibedah

  • Bagikan

*Sharing Anggaran DAK dan APBD

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA — Program Penyediaan Hunian Baru Layak (PHBL) Tahun Anggaran 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) akan melaksanakan bedah rumah sebanyak 22 unit di Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur.
Plt Kadis Perkim Kota Palopo, Hj Raodatul Jannah S.Sos mengatakan program PHBL ini digulirkan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan hunian yang layak dan memadai.
“In Sya Allah tahun ini, 22 rumah akan direhab di Pontap. Kegiatan rehab rumah PHBL itu, diupayakan berjalan secepatnya di awal 2022 ini,” terang Raodatul Jannah.

Ia memaparkan, program bedah rumah sebanyak 22 unit tersebut hanya dilaksanakan di satu kelurahan saja, yakni Pontap. Disebutkan, kegiatan PHBL ini menggunakan sharing anggaran DAK dan APBD Palopo.
“Teknis anggarannya, Rp20 juta per unit dari DAK dan Rp15 Juta dari APBD. Jika ditotalkan Rp440 juta bersumber dari DAK dan Rp330 Juta berasal dari APBD,” terang Raodatul Jannah yang juga merupakan Kepala Bappeda Palopo ini.

Ia menambahkan, jatah bedah rumah tahun ini berkurang dibanding 2021 lalu. Sekedar informasi, pada 2021 program bedah rumah BSPS untuk Palopo berjumlah 63 unit di wilayah Kelurahan Latuppa. “Jumlah bedah rumah di tahun ini berkurang dikarenakan adanya aturan baru (juknis) yang mengharuskan kegiatan PHBL 2022 menggunakan sharing anggaran dari APBD.

Sementara di 2021, program BSPS murni memakai DAK,” jelas Raodatul Jannah.
Sementara itu, saat ditanya soal jatah bedah rumah dari Kemen-PUPR, Raodatul Jannah mengatakan belum ada informasi yang diperoleh. ”Saya dengar begitu, tapi sejauh ini belum ada informasi yang masuk ke kami,” tandasnya.(rhm)

  • Bagikan