Banyak Tokoh WTL Berpeluang Duduk di Senayan

  • Bagikan

PALOPO — Pemilihan Umum dimulai dengan Pemilihan Anggota Legislatif DPRD, DPR RI, DPD, dan Pilpres tanggal 14 Februari 2024. Tahapannya sudah dimulai Agustus tahun ini.
Partai politik (parpol) juga telah ancang-ancang merekrut bakal caleg untuk mengisi posisi dapil yang ada. Ketokohan menjadi salah satu poin figur direkrut. Perebutan kursi yang terbatas bakal ketat dengan banyaknya figur tokoh.
Partai Gerindra Sulsel salah satunya. Telah menyatakan siap menyongsong Pemilu 2024 mendatang dan siap menjadi pemenang.
Khusus untuk bacaleg DPR RI dapil Sulsel 3 (Tana Luwu, Toraja, Enrekang, Sidrap, dan Pinrang). Gerindra Sulsel sedikit lagi selesai merekrut bacaleg potensial dan menempatkan di dapil yang dianggap potensial menambah suara.
Di antaranya ada nama incumbent (La Tinro Latunrung) yang digadang-gadang bisa memaksimalkan suara di Enrekang dan sekitarnya.
Lalu ada Ibu Felicitas Tallulembang yang bisa memaksimalkan suara di Toraja Utara dan Tana Toraja. Ada Capt. Andi Unru Baso yang bisa memaksimalkan suara di Lutra, dan Lutim, mantan Bupati Luwu Andi Mudzakkar, dan yang terbaru ada Pak Bupati Luwu, Dr Basmin Mattayang yang menyatakan siap bergabung dengan Gerindra di Pileg 2024.
Menurut Pengamat Politik Tana Luwu yang juga Direktur Pusat Kajian Kebijakan Publik (PK2P) Univ. Andi Djemma Palopo, Dr Syahiruddin Syah, M.Si, hadirnya tokoh-tokoh seperti Pak Basmin, Andi Muzakkar, Devy Bijak berpeluang untuk bisa menduduki kursi empuk di DPR RI.
“Ini kalau mereka membangun kesepakatan dan membangun zona / wilayah konstituen sehingga tidak terjadi resistensi di dalam mencari dukungan,” ujarnya, Rabu 16 Maret 2022, kemarin.
Lanjutnya, ketiga tokoh ini sudah teruji kapasitas dan kapabilitasnya, apatah lagi tokoh muda Walmas sudah bisa tampil di Luwu Raya ini membangun sinergitas dengan program bersama rakyat.
“Kalau mau sukses ketiga calon ini perketat peluang masuk para tokoh-tokoh yang dari luar uuntuk mencari dukungan rakyat Luwu Raya dengan strategi program, perbanyak program dan kegiatan masyarakat di masyarakat sehingga para calon yg dari luar akan kewalahan mencari dukungan,” pungkasnya. (idr)

  • Bagikan