PT Vale, Kontribusi Bakti untuk Negeri, Karya Darma untuk Bangsa

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, LUWU TIMUR– PT Vale lebih setengah abad beroperasi di Indonesia. Perjalanan membentuk dan memberikan kami banyak pelajaran. Tentang bagaimana menjadi perusahaan yang menjalankan prinsip-prinsip penambangan yang baik dan berkelanjutan.

Berbagai karya perusahaan bagi negeri dan kehidupan telah dilakukan. Begitu juga kiprah kami untuk memberikan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Kini dan masa depan.

Adapun kiprah yang dilakukan selama ini, menurut Head of Communication PT Vale Indonesia Tbk, Bayu Aji kepada Palopo Pos.Co.id, Kamis, 18 Maret 2022 di antaranya, membangun manusia.

Menurutnya, perusahaan PT Vale terus melakukan perekrutan tenaga kerja. Saat ini, ada sekitar 11.000 pekerja (karyawan dan kontraktor) dari masyarakat lokal maupun seantero nusantara.

”Sebanyak 87% karyawan adalah masyarakat lokal Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, tempat tambang dan pabrik perusahaan beroperasi saat ini.
Menjalin kerja sama dengan 500 mitra bisnis lokal, nasional hingga internasional,” bebernya.

Pihak PT Vale juga menyiapkan tenaga terampil. Untuk 2021, PT Vale menyekolahkan 170 karyawan. Ini dilakukan dalam rangka untuk mengikuti Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur sebagai upaya meningkatkan kompetensi, profesionalitas sekaligus implementasi regulasi pemerintah.

Tahun 1991, di bawah payung Yayasan Pendidikan Sorowako, PT Vale mendirikan Akademi Teknik Sorowako (ATS) untuk menghasilkan pemuda-pemudi lokal terampil siap pakai.

Selain itu, PT Vale juga mengedukasi petani dan kelompok perempuan. Melalui Program Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) sejak 2015, PT Vale membina dan mendampingi petani dan kelompok perempuan di area pemberdayaan untuk mampu dan aktif membudidayakan pertanian organik dan herbal.

”Membimbing dan melakukan asistensi kepada 400 UMKM di empat wilayah pemberdayaan PT Vale di Blok Sorowako,” katanya.

Aktivitas tersebut, katanya, menghasilkan 100 produk unggulan UMKM dan 30 produknya telah menembus pasar di Sulawesi.

Pihaknya juga tetap menjaga kelestarian bumi, menjadi produsen nikel berbasis energi bersih.

Keberadaan 3 PLTA PT Vale mampu meniadakan emisi karbon sebesar 1.096.705 ton CO2eq per tahun dari tidak menggunakan batubara sebagai bahan bakar.
Mendistribusikan listrik 10,7 megawatt untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Luwu Timur. Mengoperasikan boiler listrik yang nol emisi untuk kebutuhan pabrik pengolahan. Sebelumnya boiler ini menggunakan bahan bakar fosil.

Bayu Aji juga menyinggung bahwa dalam praktik pertambangan, tetap hijau ketika tambang usai. Caranya, mengintegrasikan aktivitas penambangan dengan rehabilitasi lahan pasca tambang.

Luas total reklamasi lahan pascatambang telah mencapai 3.012,44 hektar di Blok Sorowako dengan alokasi dana tahunan rata-rata lebih dari 2 juta dollar AS.
Membangun pusat pembibitan modern (nursery) untuk mendukung aktivitas rehabilitasi lahan pasca tambang. Nursery beroperasi sejak sejak 2006 di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan kapasitas produksi rata-rata 700.000 bibit per tahun.

Untuk memenuhi sarana kehidupan tenaga kerja di area operasional, PT Vale pihaknya membangun fasilitas umum yang juga dapat digunakan masyarakat luas, seperti jalan, pasar, sekolah, gedung pertemuan, rumah sakit dan bandar udara.
Biaya pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum tersebut mencapai 845 juta dollar AS (1973-1978).

Jalan untuk unit logistik PT Vale dari Sorowako-Malili sepanjang 64 kilometer yang juga menjadi akses utama transporatasi darat untuk masyarakat umum.

Untuk Indonesia Sehat, Upaya Menanggulangi COVID-19

PT Vale, lanjutnya, membantu pemerintah dalam penanggulangan COVID-19 dengan menyalurkan bantuan berupa perlengkapan medis di antaranya alat tes cepat (rapid test kits), alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan termasuk fasilitas medis lainnya seperti ambulans dan tempat tidur untuk perawatan pasien.
Donasi penanggulangan COVID-19 sepanjang 2020 untuk tiga provinsi (Sulawesi Tengah, Selatan dan Tenggara) mencapai 2,6 juta dollar AS.

Melaksanakan Program Vaksinasi Gotong-royong di internal perusahaan dimulai sejak Juli 2021.

Sementara kontribusi untuk kas negara yakni 1,2 miliar dollar AS, kontribusi PT Vale untuk negara melalui pembayaran pajak dan non pajak (2011-2021). Sementara 3,3 milar dollar AS, total investasi PT Vale di Indonesia dalam 50 tahun terakhir. (rls/uce)

 

  • Bagikan