Pergi Melayat, Pulang jadi Mayat

  • Bagikan

headline* Motor Vs Motor di Opsal, Di Walmas Pelajar Dilindas Tronton

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Kecelakaan maut terjadi di Jl Opu Tosappaile (Opsal), Kelurahan Boting, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Selasa 29 Maret 2022 lalu, sekira 23.00 Wita. Korban tewas adalah Erling Rustam (57), warga Lingkungan Uri, Kelurahan Mancani, Kecamatan Telluwanua. Karena tak sadarkan diri korban sempat dilarikan ke RS Palammai Tandi, namun akhirnya meninggal dunia.

Menurut informasi, kecelakaan terjadi pada malam ketika korban dalam perjalan pulang usai melayat di rumah mendiang Engel Bertus Patanggu (A’te), Jl Rambutan. Korban dibonceng Yohanes Kalambe (68), tetangganya, juga warga Lingkungan Uri, mengendarai sepeda motor Honda Beat, warna hitam DP 4812 TF.

Dalam perjalan itulah sepeda motor yang dikendarai Yohanes Kalambe bergerak dari arah Timur ke Barat. Saat berbelok ke kanan arah Utara dan saat posisi kendaraan berada di sebelah kiri marka jalan, tiba-tiba dari arah berlawanan muncul sepeda motor Honda Beat tanpa plat yang dikendarai Aldi (23) berboncengan Thamrin (26) dengan kecepatan tinggi lalu menyalip sebuah sepeda motor dan melebar ke kanan badan jalan, hingga akhirnya terjadilah kecelakaan lalu lintas.

Kedua sepeda motor benturan hingga mengakibatkan korban Erling Rustam mengalami luka serius di bagian kepala dan meninggal dunia, sedangkan Yohanes selamat dari maut namun mengalami luka-luka. Sementara itu, Aldi, lawan tabraknya, warga Desa Mappedeceng, Luwu Utara. tidak mengalami luka. Demikian rekannya bernama Thamrin, karyawan swasta yang beralamat di Dusun Salulane, Desa Pandak, Kecamatan Masamba, Luwu Utara, aman dari luka. Diketahui Aldi membongceng Thamrin. Aldi juga tercatat sebagai mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Kota Palopo.

Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Suryanto melalui Kanit Laka, Ipda Arifuddin yang dikonfirmasi Palopo Pos mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan olah tempat kejadin perkara (TKP) bersama Jasa Raharja cabang Palopo.

“Kasus laka ini menyebabkan satu orang meninggal dunia (MD). Yakni, Erling Rustam. Korban dibonceng motor oleh Yohanes yang hanya mengalami luka-luka, sedangkan dua orang lawan tabraknya tidak mengalami luka. Kasus ini sedang kita tangani guna proses hukum lebih lanjut. Dua sepeda motor, masing-masing merk Honda Beat juga sudah diamankan Polisi sebagai bukti,” tegas. Arifuddin, Rabu 29 Maret 2022 siang kemarin.

Laka di Walmas

Terpisah, seorang pelajar bernama Haril (17), berstatus sebagai pelajar di salah satu SMP di Walmas Kabupaten Luwu itu tewas bersimbah darah di tikungan Jalan Poros Desa Pongko, Kecamatan Walenrang Utara (Walut, Rabu, 30 Maret 2022, pagi kemarin.
Itu setelah tubuh Haril terlindas dum truk di tikungan yang dikenal angker itu.

Kecelakaan tersebut diduga dipicu oleh korban tak dapat mengendalikan sepeda motor metik tanpa plat yang dikendarainya. Setir motornya menyambar bagian belakang mobil Panther yang berhenti tiba-tiba di depannya. Korban terjatuh dan langsung terlindas ban truk bagian depan. Parahnya, kepala pelajar yang diketahui sudah duduk dibangku kelas 3 itu, pecah. Spontan isi kepala terhambur di aspal. Bunyi benturan keras yang ada di lokasi mengundang kerumunan warga.

Sedang, mobil Panther yang tadinya berhenti mengambil penumpang, kabur ke arah utara. Kerabat korban, Ahmadi, mengatakan, saat kejadian, dia sedang mandi.
“Istri saya berteriak “tabrakan”. Saaa pun bergegas mandi dan buru-buru ke luar rumah untuk mensterilkan situsi di TKP,” kata Ahmadi, siang tadi.

Awalnya, korban tidak dikenali. Pasalnya, bagian kepala sudah hancur sehingga wajahnya tidak lagi dikenali warga setempat. langsung berupaya menutupi tubuh korban kecelakaan maut dengan sarung. Ayah korban yang ada di lokasi mengenai baju yang dikenakan korban.

Tangisan warga pun pecah dan korban pun diangkat oleh ayahnya menunju ke rumah untuk di semayamkan. Ahmadi mengatakan, korban dari kebun mengendarai motor matik.
Diperjalanan dari arah yang sama ke utara, didepannya tiba-tiba berhenti mobil Panther yang hendak mengambil penumpang.

Kaget, korban tak mampu menguasai kendaraannya hingga setir bagian kiri, menyambar bagian belakang mobil Panther. Korban pun terpental ke aspal, mobil dum truk dari arah berlawanan (utara-selatan) langsung melindas korban.

“Jenazah korban sudah di makamkan tadi siang di pemakaman islam di Desa Pongko. Sementara, sopir dum truk, sudah diamankan polisi yang ada di Pos Lantas Salutubu,” jelas Ahmadi. Terpisah, Kapos Lantas Walmas, Aiptu Asmara G, kepada Palopo Pos, membenarkan kecelakaan maut itu.

Asmara, mengatakan, sopir atas nama Asri (38) warga Siwa, saat ini telah diamankan di Polres Luwu, sedang dum truk beserta motor matik milik korban diamankan di Mapolsek Walenrang sebagai barang bukti.

“Sopir dum truk kita sudah amnkan dan tadi sore (kemarin) kita bawa ke Polres Luwu untuk proses hukum selanjutnya. Kalau kendaraannya kita amankan di Polsek Walenrang,” ucap Asmara.(ded-him)

  • Bagikan