Dishub Palopo Uji Coba Rute Baru Bus AKDP-AKAP

  • Bagikan
Kabid Pengendalian Operational Perhubungan Darat Dishub Palopo, Husain Mustafa ST.

* Lewat Jl. Ahmad Razak dan Jl. Ahmad Kasim

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BATUPASI--
Dinas Perhubungan Kota Palopo mulai uji coba/sosialisasi rute baru bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Mulai Ahad, 17 April 2022, tidak boleh lagi melintas di tengah kota.

Melainkan lewat Jl. Ahmad Razak untuk bus arah selatan dan Jl. Ahmad Kasim bagi bus arah utara. Bus tidak boleh lagi lewat Jl. Andi Djemma, Jl. Andi Kambo, dan Jl. dr Ratulangi (dari Jembatan Salobulo sampai pertigaan Jl. Ahmad Kasim).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian Operational Perhubungan Darat Dishub Palopo, Husain Mustafa ST saat dikonfirmasi, Senin, 18 April 2022 kemarin.

Menurutnya, pemberlakuan rute baru secara resmi menunggu Surat Keputusan (SK) pimpinan. ''Secepatnya rute baru itu akan diterapkan,'' terangnya.

Untuk saat in, Dishub masih tahap sosialisasi dulu untuk rute baru ini yakni dari Terminal Dangerakko ke Jl. Kelapa kemudian belok ke Jl. Ahmad Razak, dan keluar lewat samping showroom Kalla Toyota Palopo untuk rute selatan. Sementara rute utara, belok di Jl. Ahmad Kasim, Jl. Tandipau, Jl. Kelapa, kemudian masuk Terminal Dangerakko.

Dijelaskan, untuk tahap sosialisasi ini tentu mengharapkan masukan dari semua pihak, baik para sopir maupun masyarakat Palopo.

Sementara itu, pengelola armada bus saat dikonfirmasi membenarkan sosialisasi tersebut. "Sudah ada suratnya masuk tadi, untuk pengalihan rute yang selama ini lewat jalan Andi Kambo, mulai nanti malam kita lewat rute yang dikasi sama Dinas Perhubungan," kata Pengelola Perwakilan Bus PIPOSS yang ditemui Palopo Pos, Senin kemarin.

Hanya saja, ia menilai itu sama saja. Lantaran padatnya bus yang biasa parkir di Alfamidi Binturu. Itu akan tetap dilalui juga karena keluarnya lewat pintu Jl. Ahmad Razak samping Showroom Kalla Toyota. "Itu tidak jauh beda dengan saat melalui Jl. Andi Kambo," tuturnya. Begitupun perwakilan bus lainnya seperti Litha juga dikonfirmasi, siang kemarin.

Alasan sehingga dilakukan perubahan rute bus, karena bus parkir di depan kantor Wali Kota sangat mengganggu arus lalu lintas, dan dikeluhkan masyarakat. Sudang sering diperingati tapi tidak diindahkan. (ald)

grafis
------

Rute Baru Bus AKDP-AKAP

* Arah Selatan
Belok di Jl. Ahmad Razak, Jl. Kelapa, Terminal Dangerakko dan sebaliknya.

* Arah Utara
Belok di Jl. Ahmad Kasim, Jl. Tandipadu, Jl. Kelapa, Terminal Dangerakko dan sebaliknya. (*)

  • Bagikan