Pencairan THR Mulai Pekan ini, Luwu 25 April, Palopo 26 April

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Aparatur Sipil Negara (ASN) betul-betul dimanjakan dengan gaji berkali lipat. Pencairan THR mulai pekan ini. Namun, sebagian besar pemda di Tana Luwu baru akan membayarkan pekan depan. Sebanyak Rp86,3 miliar disiapkan dalam APBD 2022 untuk membayar seluruh ASN di empat daerah di Tana Luwu.

Untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo menyiapkan dana sebesar Rp20 miliar untuk Tunjangan Hari Raya (THR) lebaran tahun ini. Rencana pembayarannya pada 26-27 April 2022. Sedang gaji 13 akan dibayar pada Juli 2022 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palopo, Irfan Dahri STP MSi yang ditemui Palopo Pos di ruang kerjanya, Senin, 18 April 2022 kemarin.

Menurutnya, dana THR Rp20 miliar tersebut diperuntukkan bagi 4.246 pegawai, anggota DPRD, dan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah. Anggaran tersebut berdasarkan data gaji bulan April 2022.

Sementara, 61 Calon Aparatur Sipil Negera (ASN) yang menerima SK pengangkatan pada 14 April 2022, belum mendapat THR. Karena aturannya, pembayaran THR mengacu pada gaji bulan April 2022. Sementara 61 CASN tersebut, belum mendapat gaji pada April ini.

Sebenarnya, lanjut Irfan, Peraturan Pemerintah (PP) No. 16 tahun 2022 yang merupakan petunjuk teknis pembayaran THR dan gaji 13, belum diterima secara resmi oleh BPKAD Palopo. Namun informasi terkait hal tersebut, telah diketahui melalui internet.

''Jadi sampai sekarang, kami belum tetapkan waktu pembayaran THR. Kalau saya sih, maunya paling mendekati hari lebaran. Agar THR pegawai dibelanjakan di Palopo. Kalau cepat dibayar, nanti pegawai keluar daerah belanja,'' katanya.

Seperti Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang telah dibayar pekan lalu bagi yang telah memenuhi syarat. Banyak pegawai yang keluar kota belanja kebutuhan lebaran pada saat libur akhir pekan kemarin.

Lanjut Irfan, sesuai PP 16 tahun 2022, THR pegawai sudah bisa dibayar mulai H-10 lebaran. Tapi tidak disebutkan batas akhir pembayarannya. ''Kalau kita mengacu pembayaran tahun lalu, kita akan bayar antara tanggal 26 atau 27 April 2022,'' katanya.

Luwu
Pemkab Luwu, di samping membayar tambahan penghasilan pegawai (TPP) selama tiga bulan di bulan April ini, juga menyatakan akan membayar THR bagi ribuan ASN lingkup Pemkab Luwu.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Luwu Dr Moh Arsal Arsyad S.STP, M.Si, mengungkapkan, Pemkab Luwu siap membayar THR bagi ribuan ASN sebelum datangnya hari raya Idul Fitri 1434 H.

"Memang benar Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pencarian Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dimulai pada H-10 lebaran hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 M. Namun demikian kita masih menunggu Juknis pembayarannya," ungkap Arsal.

Arsal mengatakan, Juknis dari pemerintah sangat dibutuhkan untuk membayar THR, karena berisi acuan pembayaran THR berikut besaran yang akan diterima seorang ASN.
"Mudah-mudahan Senin 25 April mendatang sudah bisa dibayarkan sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan lebaran," kata Arsal.

Arsal mengatakan, untuk membayar THR ribuan ASN Luwu, Pemkab Luwu menyiapkan alokasi anggaran yang hampir sama besar 1 bulan gaji pegawai Pemkab Luwu, yaitu sekitar Rp 25 miliar.

"Anggaran THR sudah disiapkan di APBD TA 2022 bersama gaji 13. Jadi tidak perlu kawatir, THR akan tetap dibayarkan bulan April ini, sedangkan gaji 13 akan dicairkan sekitar bulan Juli mendatang yang tujuannya untuk membantu ASN memenuhi kebutuhan belanja pendidikan bagi putra putrinya," kata Arsal.

Lutim
Untuk Pemkab Luwu Timur mengalokasikan anggaran Rp19,3 ,iliar untuk THR ASN di tahun 2022 ini.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Luwu Timur, Ramadhan Pirade mengatakan, pembayaran THR ASN itu akan dibayarkan kepada 4.020 ASN di Luwu Timur. Adapun sumber dana untuk THR para ASN, sebut Ramadan, berasal dari Anggaran
Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2022.

"Jumlahnya 4.020 orang ASN dengan total anggaranya Rp19,3 miliar. Dibayar satu bulan gaji dan sesuai golongannya," sebutnya, Rabu 13 April 2022.

Meski begitu, lanjutnya, pihaknya masih dalam posisi menunggu Petunjuk Teknis (Juknis) dari pemerintah pusat, terkait tata cara pelaksanaan pembayaraannya.

"Untuk saat ini belum ada Peraturan Pemerintah (PP) beserta juknis pembayarannya. Tapi pembayaran itu biasanya dibayar sebelum Lebaran," jelasnya lagi.

Untuk diketahui, ASN mendapatkan THR dan gaji ke-13 hanya menghitung gaji pokok dan tunjangan melekat saja. Tapi, tunjangan kinerja tidak masuk dalam hitungan.

Lutra
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara telah mengalokasikan anggaran THR Idul Fitri bagi ASN sebesar Rp22 miliar.

Ada 5.200 lebih ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Utara yang akan menerima THR tahun 2022.

Dimana pemberian THR ini seperti tahun sebelumnya yakni satu bulan gaji penuh sesuai golongan masing-masing.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAD) Luwu Utara, Ir Baharuddin Nurdin mengatakan, ada sekitar 5.200 lebih ASN di Luwu Utara akan menerima THR.
''Kita telah mengalokasikan anggarannya di APBD tahun 2022 sebesar Rp22 Miliar,'' sebut Baharuddin baru-baru ini.

Saat ditanya kapan bisa dibayarkan, Bahar sapaan akrab mantan Kabag Ortala ini menyebutkan, akan dibayarkan pekan depan. Setelah petunjuk dari Kementerian Keuangan ada.
(ikh-idr)

Anggaran THR Pemda se Tana Luwu

  • Kota Palopo : Rp20 M
  • Kab. Luwu : Rp25 M
  • Kab. Lutra : Rp22 M
  • Kab. Lutim : Rp19,3 M

Total : Rp86,3 M

  • Bagikan