153 personil Tim Gabungan Amankan Lebaran Idul Fitri, Polres Siapkan Tiga Pos Pengamanan

  • Bagikan

Nampak Kapolres Luwu Utara, AKBP. Alfian Nurnas saat memimpin apel gelar pasukan dalam rangka perayaan Idul Fitri, Jumat, 21 April 2022. --hms--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, LUWU UTARA-- Sebanyak 153 Perosnil Gabungan yang terdiri Polri 89, TNI 12, Perhubungan 12, Kesehatan 16, Senkom 12, Damkar 1 Regu akan dikerahkan dalam rangka mengamankan Lebaran Idul Fitri 1443 H.

Selain itu, Polres Luwu Utara menyiapkan Tiga Pos Pengamanan dan Pelayanan yang tersebar di Tiga Kecamatan yaitu Pos Pengamanan di Salassa, Kecamatan Baebunta, di Bonebone, dan di Kota Masamba.

Hal ini terungkap saat Kepolisian Resort (Polres) Luwu Utara menggelar Apel Gelar Pasukan jelang Idul Fitri 1443 H, di lapangan upacara Mako Polres Luwu Utara, Jum'at, 22 April 2022.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menciptakan situasi keamanan dan kondusif serta mengantisipasi kerawanan tindak kejahatan di tengah masyarakat pada saat momen lebaran.

Kapolres Luwu Utara, AKBP. Alfian Nurnas dalam amanahnya saat memimpin apel gelar pasukan mengatakan, perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dengan kegiatan ibadah untuk dapat Silaturahmi dengan keluarga serta kerabat.

Kapolres juga menyampaikan bahwa Idul Fitri tahun ini berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu. Karena, tahun ini pemerintah telah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga.

"Tidak seperti tahun kemarin, masyarakat diimbau untuk tidak mudik. Namun, tahun ini kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur jalur lintasan masyarakat," ungkap Kapolres.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Armiadi menyampaikan, terkait operasi ketupat ini dirinya berharap kepada seluruh pengguna jalan untuk saling menghargai, tidak melakukan arak-arakan kendaraan.

"Kita mengharapkan masyarakat untuk tidak merayakan hari Idul Fitri secara Euforia. Oleh karena itu, kita perbanyak takbir sesuai dengan hasil rapat kemarin takbir kita lakukan di masjid masjid dan mushola serta dari rumah ke rumah," ujar Armiadi.

"Ini yang harus kita antisipasi dan kita cegah Karena ada khawatiran kita di idul Fitri 1443 H tahun ini itu akan membludak masyarakat yang mudik oleh karena itu kita menghimbau terus masyarakat untuk tidak melakukan arak-arakan terutama di jalan raya," jelasnya.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan tersebut yakni Ketua DPRD Luwu Utara, Perwira Penghubung Luwu Utara, Ketua pengadilan Negri Luwu Utara, Danki Brimob, Kasi Pidum Kejari Luwu Utara serta Kepala dinas kesehatan Luwu Utara. (Junaidi rasyid)

  • Bagikan