Ajak PC NU dan Kemenag, Polres Tana Toraja Wujudkan Vaksinasi 1 Juta Dosis Jelang Lebaran Idul Fitri

  • Bagikan

Kapolres AKBP. Juara Silalahi, SIK, MH memantau pelayanan vaksinasi program 1 Juta Vaksinasi jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H bekerjasama dengan PC NU dan Kementrian Agama Tana Toraja di Gedung Tammuan Mali, Kecamatan Makale, Jumat (22/4/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Wujudkan program pemerintah yakni vaksinasi satu juta dosis vaksin, pihak Kepolisian Resort (Polres) Tana Toraja mengandung Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (NU) dan Kementrian Agama Tana Toraja.

Hal itu digelar dalam rangka merespon kerjasama telah dibangun Polri, PBNU, dan Kementrian Agama RI bertajuk ‘1 Juta Vaksinasi jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah’ yang dipusatkan di gedung Tammuan Mali, Kecamatan Makale, Jumat (22/4/2022).

Nampak hadir Kapolres Tana Toraja AKBP. Juara Silalahi, SIK, MH, Ketua PC NU Tana Toraja, H. Ahmad Toago, dan Kasubbag TU Kemenag Tana Toraja, Tamrin Lodo.

Tujuan vaksinasi digelar jelang Idul Fitri 1443 H untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik, diperkirakan akan meningkat pada tahun 2022, dan selama dua tahun terakhir arus mudik dibatasi.

“Untuk antisipasi lonjakan arus mudik, warga yang akan keluar maupun akan masuk ke wilayah Tana Toraja dipastikan telah dibekali vaksin dosis lengkap yakni telah vaksin pertama kedua dan vaksin Booster (ketiga),” ujar Juara.

Lanjut AKBP. Juara Silalahi menjelaskan sebagaimana diharapkan pemerintah menyebut masyarakat sudah dapat merayakan hari raya Idul Fitri seperti sebelumnya, namun wajib dibekali vaksinasi yang lengkap.

Polres Tana Toraja melibatkan tenaga kesehatan dari tim vaksinasi kepolisian, tim dari Rumah Sakit Sinar Kasih, dan tim kesehatan dari Kodim 1414 Tana Toraja.

Vaksinasi tersebut merupakan kesempatan bagi masyarakat yang ingin divaksin. Untuk itu diimbau datang melakukan vaksinasi yang berlangsung tanggal 21-23 April 2022 mendatang, dengan kategori vaksinasi anak umur 6-11 tahun, dan kategori vaksinasi dewasa umur 18 tahun keatas.

Terkait vaksinasi disaat warga muslim menjalankan ibadah puasa, Kapolres Juara Silalahi memberi pemahaman jika vaksin dilaksanakan di siang hari tidak membatalkan puasa.

“Merujuk hasil Bathsul Masail yang menyebutkan bahwa vaksin di siang hari itu tidak membatalkan puasa, dimana Batagul merupakan forum yang berada pada tubuh Nahdlatul Ulama yang membahas masalah-masalah yang belum dalilnya,” terang Juara.

Informasi dihimpun dari tim vaksinasi Polres Tana Toraja, Aipda Yustina Kartika jika hari pertama dilakukan vaksinasi, Kamis (21/4/2022) sebanyak 167 orang telah vaksin.

Hadir pula pelayanan vaksinasi di gedung Tammuan Mali yakni Danramil 01 Makale, Lettu Inf. Alwi Borong, Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja dr. Ria Minoltha Tanggo dan Kabid Yankes, dr. Mardaria Patioran. (risna)

  • Bagikan