Antisipasi Sembilan Gangguan Kamtibmas

  • Bagikan
Sekkot Kota Palopo, Drs Firmanza DP SH MSi saat menyematkan pita tanda dimulainya operasi Ketupat 2022.--ft: istimewa--

Sekkot Pimpin Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,BOTING-- Apel gelar pasukan "Operasi Ketupat 2022" telah digelar di Mako Polres Palopo, Jumat pagi lalu. Kegiatan tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palopo, Drs Firmanza DP SH MSi didampingi oleh Kapolres Palopo, AKBP Muh Yusuf Usman SH SIK MT.

Hadir dalam kegiatan perwakilan dari Kejari Palopo, Denpom Palopo, Pengadilan Negeri Palopo serta unsur muspida lainnya. Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Iptu Marzuki.

Pada kesempatan itu, Firmanza membacaan amanat Kapolri Jenderal Polisi, Drs. Listyo Sigit Prabowo yang intinya bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat-2022 adalah wujud sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022.

"Perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat," ucapnya.

Waka Polres Palopo Kompol Sanodding didampingi Kabag Ops Polres Palopo, Kompol Hajeri mengatakan jumlah anggota Polres Palopo yang dikerahkan sebanyak 64 personil, TNI-AD, Satpol-PP, Dishub, Kesehatan, dan Sekom masing-masing menurunkan 16 orang personel, sedangkan petugas DAMKAR sebanyak 2 regu.

"Semua personel diharapkan bekerja dengan baik mengantisipasi sembilan gangguan kamtibmas seperti premanisme, antrean dan kelangkaan BBM, pencurian, perampokan, penyakit masyarakat, balap liar, penyalahgunaan narkoba, petasan, perkelaian antar kelompok. Dan perlu diimbau kepada masyarakat untuk tidak berkerumun dan tetap pada prokes. Adapun Operasi Ketupat 2022 ini digelar selama 12 hari mulai 28 April sampai 9 Mei 2022," kata Hajeri, Ahad, 24 April 2022 kemarin.

Lanjut Hajeri, adapun jumlah personil 144 petugas yang ditugaskan berjaga di empat pos yakni dua Pos Pengamanan (Pos PAM) dan dua Pos Pelayanan (Pos YAN). Untuk Pos PAM berlokasi di depan Masjid Islamic Center, Kota Palopo dan di Padang Lipang, sedangkan Pos YAN berada di depan Hypermar dan depan Lagota seputaran PNP dan Terminal Dangerakko.

"Mari kita laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab agar lebaran Idul Fitri kondusif seperti tahun sebelumnya. Dan jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan Operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah. Lebih penting lagi berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapan pun," tandasnya. (him/ikh)

  • Bagikan