PT Masmindo-Bupati Basmin Hijaukan Kawasan Tadette

  • Bagikan
HARI BUMI. Direktur Utama PT Masmindo Dwi Area Abidin Daeng Patompo (kiri, duduk) bersama Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang M.Pd (gunakan selempang), Sabtu (23/4) melaksanakan penaanman pohon mangrove. IST

Tanam Mangrove Peringati Hari Bumi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA -- PT Masmindo Dwi Area bersama Pemerintah Kabupaten Luwu memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April dengan menggelar penanaman ribuan bibit mangrove dipesisir pantai Pelabuhan Taddette, Desa Senga Selatan, Kecamatan Belopa.

Kegiatan yang berlangsung, Sabtu (23/4), lalu, di samping dihadiri langsung Direktur Utama PT Masmindo Dwi Area, Abidin Daeng Patompo, pula dihadiri langsung Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd bersama Kepala Dinas Lingungan Hidup (DLH) Kabupaten Luwu Nahban SKM. Dimana dalam kesempatan tersebut baik Bupati Luwu maupun Direktur Utama PT Masmindo Dwi Area Abidin Daeng Patompo turun langsung melakukan penanaman bibit mangrove di pesisir Pantai Taddette.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang, M.Pd dalam sambutannya menyatakan Pemkab Luwu sangat memberi apresiasi program kegiatan Gerakan Sejuta Pohon yang dicanangkan Masmindo, dimana hal tersebut sangat sejalan dengan rencana program kerja Pemkab Luwu yang ingin menciptakan kawasan Agrowisata di Latimojong dan sekitarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Masmindo yang sebelumnya juga telah menanam pohon buah-buahan dalam Gerakan Menanam Sejuta Pohon. Dan hari ini kita menamam Mangrove, juga untuk kelestarian lingkungan diwilayah peisisr pantai. Saya berharap Masmindo berkomitmen untuk melanjutkan program menanam dengan bekerja sama Pemerintah daerah juga masyarakat,” ungkap Basmin.

Direktur Utama PT Masmindo Dwi Area Abidin Daeng Patompo menyatakan, Masmindo berkomitmen untuk melaksanakan program penanaman pohon secara berkelanjutan dan akan memonitor setiap pohon yang ditanam, termasuk bibit tanaman mangrove yang ditanam bersama jajaran Pemkab Luwu dan kelompok masyarakat.

"Jika ada pohon yang tidak tumbuh, kami akan ganti. Harapan kami, Masmindo dapat terus berkolaborasi dengan pemerintah dan komunitas lokal dalam penanaman pohon secara berkesinambungan,” kata Abidin
Tidak hanya melaksanakan aksi penanaman bibit mangrove, perusahaan pertambangan emas pemegang perjanjian Kontrak Karya yang berada di Kecamatan Latimojong ini juga menggandeng Komunitas Pencinta Alam (KPA) Mangrove, dimana untuk tahap pertama akan menyiapkan tidak kurang sebanyak 5.500 bibit serta memfasilitasi tersedianya demplot pembibitan Mangrove di Kabupaten Luwu.

Masmindo telah berkomitmen membina KPA dan masyarakat lokal dalam proses pembibitan dan budidaya mangrove di demplot yang telah disediakan tersebut. Pembibitan Mangrove ini berkapasitas 10.000 hingga 15.000 bibit dan dipusatkan di Desa Senga Selatan.
Sebelumnya, Masmindo dan DLH Luwu telah menanam dan membagikan 15.000 bibit tanaman buah dan kayu secara gratis di Desa Pajang, Ulusalu, dan Boneposi dalam Program Gerakan Menanam Sejuta Pohon. Kegiatan tersebut akan berkelanjutan untuk dilaksanakan pada desa-desa lainnya.

Acara penanaman Mangrove di pesisir Desa Senga Selatan Senin lalu tersebut diawali penyerahan secara simbolis bibit Mangrove dari Direktur Utama PT Masmindo Dwi Area Abidin Daeng Patompo kepada Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, yang disaksikan Camat Belopa Makkawaru, Pj Kepala Desa Senga Selatan Anwar Amir, Karang Taruna Desa Senga Selatan, Komunitas Pecinta Mangrove (KPA), sejumlah tokoh masyarakat, dan jajaran Manajemen Masmindo. (and/idr)

  • Bagikan