Jemaah Haji Tana Luwu Mulai Diberangkatkan 3 Juni

  • Bagikan
ILUSTRASI HAJI

Masuk Asrama Haji di Makassar, 4 Juni Sudah Terbang

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Kementerian agama tiap daerah kini mulai sibuk mempersiapkan verikfikasi sebelum keberangkatan jemaah haji. Pasalnya, pelaksanaan haji kembali dibuka tahun ini. Sejak dua tahun terakhir ditiadakan.

Kuota haji tiap daerah di Sulsel juga telah keluar. Jumlah seluruhnya sebanyak 3.302 jemaah. Termasuk daerah di Tana Luwu dan Toraja mencapai 383 jemaah.

Namun, ada syarat bagi jemaah yang akan diberangkatkan berhaji tahun ini, sesuai ketetapan Pemerintah Saudi, hanyalah jemaah yang usianya di bawah 65 tahun. Sedangkan lansia (di atas) 65 tahun, harus bersabar lagi menunggu regulasi baru. Hal ini disebabkan pandemi Covid-19, masih sepenuhnya belum berakhir.

Lalu kapan pemberangkatan haji akan dimulaiuntuk jemaah dari Tana Luwu? Dikatakan Kepala Kantor Kemenag Luwu Utara, Nurul Haq, kalau sesuai ketentuan pemerintah pusat, kalau pemberangkatan perdana 4 Juni mendatang. Sehingga, bagi daerah seperti di Luwu Utara, pelepasan jemaah calon haji sudah dilakukan 3 Juni. Untuk menuju Asrama Haji di Sunding, Makassar, dan 4 Juni besoknya baru diberangkatkan ke Tana Suci Mekkah.

"Insya Allah pemberangkatan kloter 1 Luwu Utrara akan di mulai tanggal 3 Juni masuk Asrama Haji, dan tanggal 4 Juni terbang menuju Arab Saudi," kata Nurul, Kamis 28 April 2022.
Soal kloter apakah akan satu dengan jemaah dari daerah lain di Tana Luwu? Dikatakan Nurul itu masih akan ada rapat penentuan kloter menjelang pemberangkatan.

Ditambahkan Kasi PHUI Kemenag Palopo, H. Mikail, sesuai informasi Kementerian Agama Pusat bahwa rencana pemberangkatan Jemaah Haji Kloter Pertama ) diperkirakan berangkat pada tanggal 4 Juni Tahun 2022. Terkait dengan Penentuan Kloter ( Kelompok terbang ) Embarkasi UPG belum ditetapkan. Dan tidak menutup kemungkinan Daerah Luwu Raya bisa bergabung dengan Kab/Kota yang ada di Sulawesi Selatan.
Diketahui, kuota haji Sulsel terbanyak diperoleh Kota Makassar yakni, 516 jemaah.

Adapun kuota haji untuk daerah se-Tana Luwu dan Toraja, adalah Kab. Luwu 124 Jemaah, Kota Palopo 51 Jemaah, Kab. Lutra 106 Jemaah, Kab. Lutim 73 Jemaah, Kab. Torut 11 Jemaah, Kab. Tator 18 Jemaah. Total 383 Jemaah.(idr)

  • Bagikan