Ibadah Puasa Ajarkan Pengendalian Diri, Wali Kota Palopo: Hindari Berita Buruk dan Jangan Sebar Hoax

  • Bagikan

Wali Kota Palopo HM Judas Amir saat melakukan salat Idul Fitri di Masjid Agung Kota Palopo. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Wali Kota Palopo, Drs. HM. Judas Amir, MH, menyampaikan sambutannya, sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri 1443 H/2022 M, bersama Forkopimda, Kepala OPD Lingkup Kota Palopo, dan masyarakat, di Masjid Agung Kota Palopo, Senin 02 Mei 2022.

Dalam sambutannya, Wali Kota Palopo menyampaikan, untuk menguatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Demikian juga dengan Ibadah zakat menjadi pembersih harta dan mensucikan hati dan jiwa dari sifat-sifat tercela.

Ibadah puasa pada bulan Ramadan, lanjutnya, mengajarkan tentang pengendalian diri. Hal ini penting di era digitalisasi dan keterbukaan informasi, dengan kemampuan pengendalian diri.

''Maka kita mampu menghindarkan diri dari prasangka buruk, perilaku yang suka menyebar fitnah dan berita bohong (hoax), menggunjing, dan mencela orang lain. Dengan kemampuan pengendalian diri kita lebih mendahulukan upaya klarifikasi, cross check atau tabayyun saat menerima informasi yang tidak diyakini kebenarannya," jelasnya.

Pelaksanaan Salat Id, dipimpin Imam Ustaz H.Syahruddin Ali. S.Ag, dan Khutbah Idul Fitri, oleh Dr. H.M. Rusyidi Hasyim. M.Ag.

Dalam penyampaian khutbah, diberikan beberapa nasehat untuk umat. "Bagaimana kita melakukan pengawasan melekat dalam kehidupan ini. Ramadan telah mendidik kita untuk peduli dan menjadi hamba Allah yang mempunyai sifat dermawan," ujarnya.

Menurutnya, hidup ini hanya sebentar saja. Bahwa, ketika naungan Allah dibutuhkan, maka yang bisa menaungi manusia adalah sedekah.

Turut hadir tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan masyarakat Kota Palopo. (rls/pp)

  • Bagikan