Penerbangan Makassar-Madinah Dibuka, CEO Al Jasiyah: Waktu dan Biaya Jemaah Umrah jadi Hemat

  • Bagikan
CEO Al Jasiyah Travel, H. Nurhayat

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO — Rute penerbangan langsung Makassar-Madinah (PP) kembali dibuka. Ini untuk mendukung ibadah umrah di tanah air, khususnya di Sulsel dan Indonesia Timur.
Pembukaan rute ini mendapat banyak apresiasi. Setelah Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, juga datang dari pihak travel.


Seperti dikatakan CEO Al Jasiyah Travel, H. Nurhayat. Kepada Palopo Pos, Kamis 5 Mei 2022, H. Nurhayat yang juga Wasekjen DPP AMPHURI ini mengapresiasi upaya pemerintah yang sudah membuka kembali penerbangan langsung dari Makassar ke Madinah. Ini tentu akan mendorong pertumbuhan jemaah umrah dari Sulsel dan Indonesia Timur secara umum untuk berangkat.


Dengan adanya direct flight, kata Nurhayat, ini akan lebih efisien secara waktu karena tidak perlu lagi transit beberapa jam di Jakarta. "Berangkat dari Makassar, hari ini juga akan tiba di Madinah, Arab Saudi," kata Nurhayat.

Jemaah umrah Al Jasiyah Travel di Saudi. IST


Dari segi biaya, lanjutnya, juga akan terpangkas karena, kita tahu biaya tiket domestik saat ini lagi tinggi-tingginya dikarenakan harga avtur yang naik.


"Biaya makan buat jemaah saat transit juga tidak perlu lagi, baik saat berangkat maupun kepulangan. Ini juga cost yang mesti dikeluarkan. Bayangkan jika jumlah jemaah 80 orang, harus diberi makan lagi saat transit pergi dan pulang. Belum lagi biaya over bagasi dari internasional ke domestik, jika travel tersebut tidak mengambil tidak add on," sebutnya.


Dari segi biaya umrah musim ini pasca pandemi, memang ada kenaikan. Itu disebabkan karena harga tiket pesawat yang dulunya cuma Rp13 jutaan, sekarang naik sampai Rp16 jutaan PP. Lalu, hotel-hotel di Saudi juga belum semua beroperasi pascapandemi.


Khusus di Travel Al Jasiyah, selama pembukaan ibadah umrah mulai Januari sampai sekarang, sudah memberangkatkan sekira 250-an jemaah, baik yang pendaftar baru maupun yang tertunda.


"Insya Allah di musim umrah baru Agustus 2022, mendatang, kita harap normal kembali semuanya tanpa batasan usia. Namun harga umrah diprediksi akan tetap seperti sekarang karena tiket pesawat yang masih mahal karena kenaikan avtur," jelasnya.


Nurhayat menyebutkan, untuk paket umrah di Travel Al Jasiyah Hotel Bintang 3 sebelum pandemi cuma Rp20 jutaan. Nantinya sudah di angka Rp25 jutaan. Untuk paket Hotel Bintang 5 sudah di atas Rp30 jutaan.(IDRIS)

  • Bagikan