Puncak Arus Balik Diprediksi Sabtu-Ahad Pekan Ini

  • Bagikan
BUS double decker (dua tingkat) PO Primadona terparkir di Terminal Dangerakko, Senin 18 April 2022. Pekan depan tarif bus diprediksi akan naik

PALOPO -- Arus mudik lebaran Idulfitri telah usai, kini masih dalam suasana libur cuti bersama. Di Senin pekan depan, aktivitas kerja kembali dimulai. Diprediksi puncak arus balik terjadi Sabtu dan Ahad pekan ini.

Dari pantauan Palopo Pos di Terminal Dangerakko, Kota Palopo, Kamis 5 Mei 2022, mulai nampak peningkatan penumpang yang berangkat dari terminal. Armada PO juga mulai ditambah, mengantisipasi tingginya permintaan pemesanan tiket menuju Makassar.
Seperti di loket perwakilan PO Litha & Co. Sejak Kami setiap malamnya, sebanyak lima armada bus diberangkatkan.

Dikatakan Ade, staf perwakilan PO Litha & Co di Terminal Dangerakko, untuk mengakomodir banyaknya penumpang yang akan berangkat, dilakukan penambahan armada. "Kalau normal biasanya setiap malam hanya 2 bus berangkat. Tetapi, mulai malam Kamis kita berangkatkan 5 bus," ucapnya di temui di perwakilan, Rabu malam 4 Mei 2022.

Sementara itu, Petugas Loket Terminal Dangerakko Dishub Palopo, Aprisak yang diwawancara mengungkapkan, sejak malam Kamis, ada terjadi lonjakan bus yang berangkat. Tadinya hanya sekira 8-10 bus setiap malam. Kini ada 10-15 bus.

Ia menyebutkan armada PO yang paling banyak memberangkatkan bus adalah PO Bintang Prima, Po Litha & Co, PO Borlindo, dan PO Bintang Marwah.

Di Terminal Dangerakko sendiri ada sejumlah PO yang memiliki perwakilan, seperti PO Bintang Prima, Po Litha & Co, PO Borlindo, PO Bintang Marwah, PO Priomadona, PO Manggala Trans, PO Putra Jaya, PO Cahaya Solo, PO Piposs, PO Bintang Timur, dan PO Bintang Khatulistiwa.

Aprisak memprediksi, puncak arus balik lebaran baru akan terjadi Sabtu-Ahad pekan ini.
Ia mengimbau kepada pemudik agar membeli tiket resmi di perwakilan, tidak menggunakan jasa angkutan ilegal (ompreng). Lantaran, jika ada kecelakaan sewaktu-waktu, penumpang yang terdaftar di perwakilan akan mendapat jaminan dari Jasa Raharja, sedangkan kendaraan ilegal (pribadi jadi umum), itu tidak dalam tanggungan.

Sementara itu, di Jakarta, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karyadi Sumardi mengimbau masyarakat lebih awal melakukan perjalanan arus balik Lebaran 2022 lebih awal atau dikatakan setelah 8 Mei.

Dia memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 bakal terjadi pada tanggal 6-8 Mei atau H+3 hingga H+5 lebaran. Pada periode ini diperkirakan terjadi penumpukan kendaraan yang hendak kembali ke kota asal masing-masing.

Selain itu, kata Budi, masyarakat dimohon mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan petugas, agar perjalanan arus balik lebih aman dan nyaman.(idr)

  • Bagikan