Pasca Lebaran, Gadai Emas Dominasi Transaksi di Pegadaian

  • Bagikan

Deputi Bisnis Pegadaian Kantor Area Palopo, Sudjarwono. --aldy--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pasca lebaran, gadai emas mendominasi transaksi di Pegadaian Area Palopo yang meliputi Luwu Raya dan Sengkang. Berbeda saat jelang lebaran justru tebus barang yang banyak.

Hal itu diungkapkan Deputi Bisnis Pegadaian Kantor Area Palopo, Sudjarwono saat diwawancara Palopo Pos, Rabu 11 Mei 2022, banyaknya gadai barang khususnya emas oleh masyarakat itu memang biasa terjadi setelah hari raya. Penebusan barang dilakukan nasabah manakala mau masuk hari raya untuk dipakai, dan akan kembali lagi setelahnya untuk digadai kembali.

"Gadai barang memang yang lebih banyak setelah hari raya karena kebutuhan masyarakat, misalnya untuk tahun ajaran baru sekolah dan untuk konsumtif mereka juga,"katanya. Ia menyampaikan jika dipersentase posisinya 70-30 persen, antara gadai dan tebus.

Selain nasabah baru yang lakukan gadai barang, banyak juga dari proses perpanjangan, "jadi ditebus untuk dipakai hari raya, setelah itu diperpanjang lagi setelah hari raya,"katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Cabang Pegadaian Palopo di jalan merdeka, Hardiansyah saat diwawancara mengatakan jelang lebaran kemarin tebus barang mendominasi transaksi lantaran pembayaran THR pegawai dan ASN, selain itu panen raya oleh masyarakat di beberapa wilayah.

Selain pasca hari raya, momentum gadai itu terjadi saat menjelang ramadan dimana kebutuhan masyarakat meningkat sementara pendapatan mungkin tidak begitu besar.

Dan di pertengahan Ramadan, jelang lebaran kemarin mengatakan nasabah yang melakukan penebusan ini adalah kalangan ASN dan pegawai swasta.

"Pas momennya pembayaran THR, ada kesempatan mereka untuk menebus,"tandasnya.(aldy)

  • Bagikan