Perselingkuhan Bisa Dibongkar Lewat PeduliLindungi Lho, Begini Caranya

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Hati-hati berselingkuh. Karena, bisa terbongkar dengan PeduliLindungi. Lho!

Yah, aplikasi pelacakan Covid-19 PeduliLindungi dapat digunakan dalam melacak riwayat perjalanan penggunanya.

Nah, berkat fitur ini, seorang wanita sempat viral setelah menemukan perselingkuhan pasangannya lewat aplikasi ini.

Pengecekan ini bisa dilakukan berdasarkan riwayat lokasi check-in kode QR yang dilakukan menggunakan aplikasi.

Cara untuk mengecek riwayat lokasi check-in melalui PeduliLindungi juga cukup mudah. Pengguna tinggal membuka aplikasi, kemudian masuk ke menu Check-in History, dan setelahnya akan terlihat lokasi berdasarkan riwayat check-in.

Di bagian atas akan nampak riwayat hingga dua minggu lalu. Pengguna tinggal pilih tanggal untuk melihat riwayat lokasi check-in. Durasi check-in dan check-out pun bisa dilihat dengan mengklik lokasi terkait.

Namun perlu diingat, fitur ini hanya merekam aktivitas perjalanan jika pengguna memindai QR code. Jika pergi ke suatu tempat namun tak menggunakan fitur itu, maka tidak akan terekam dalam aplikasi.

Sebagai informasi, fitur QR code ini berfungsi sebagai syarat masuk suatu tempat. Mulai dari mall, restoran, hotel, dan area publik lain. QR code ini biasanya ditemui di tiap pintu masuk lokasi.

Seperti dilansir CNBC, pengguna bisa menggunakan QR Code dengan membuka fitur Scan QR Code dalam aplikasi PeduliLindungi.

Dengan melakukan scan kode tersebut, maka akan terlihat apakah lokasi tersebut sedang banyak didatangi orang atau tidak.

Unduh Aplikasi PeduliLindungi

Bagi Anda yang belum mengetahui mengenai cara-cara tersebut, Anda perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi PeduliLindungi melalui Apps Store.

Kemudian setelah itu, Anda akan diminta untuk mendaftarkan akun supaya bisa melakukan log in. Dalam aplikasi tersebut Anda akan menemukan beberapa fitur, salah satunya fitur untuk check-in menggunakan scan barcode.

Akan tetapi, untuk bisa mengecek history perjalan seseorang, Anda harus mengetahui dulu nama akun berikut sandi pemilik aplikasi PeduliLindungi orang tersebut.

Atau bisa juga dengan meminjam handphone miliknya untuk mengecek histori perjalanannya. Anda bisa mengecek riwayat perjalanannya hingga dua minggu yang lalu.

Jika ada kejanggalan dalam perjalanan pasangan yang sebelumnya tidak Anda ketahui, misalnya selingkuh. Maka Anda pun bisa membongkar perselingkuhan melalui PeduliLindungi

TERUNGKAP

Masalah ini pertama kali diungkapkan oleh sebuah akun di Twitter @florechitra.

Dalam cuitannya beberapa hari lalu, ia mengaku bisa mengetahui pasangan yang tengah selingkuh dengan menggunakan PeduliLindungi.

Pemilik akun yang bersangkutan sempat mengungkapkan bahwa dirinya berhasil mengetahui pasangannya selingkuh. Bukan membuntuti sang pacar, namun hanya menggunakan atau mengecek riwayat perjalanan melalui PeduliLindungi.

Seperti diketahui, saat banyak tempat yang mengharuskan pengunjungnya check in menggunakan PeduliLindungi. Mulai dari hotel, restoran, kafe, hingga tempat karaoke. Pun ketika check out dari tempat tersebut.

Hal ini rupanya menjadi celah bagi pemilik akun @florechitra untuk mencari tahu riwayat perjalanan pasangannya lewat aplikasi PeduliLindungi. Bahkan karenanya, ia berhasil memergoki pasangannya selingkuh setelah mengeceknya.

Sayangnya, unggahan tersebut kini telah dihapus. Namun, postingan itu telanjur ramai dibahas para warganet. Apalagi, banyak yang belum mengetahui cara tersebut, terlebih untuk membongkar suatu perselingkuhan.

"Cewek emang detektif dari luar bumi," tulis @@______Spaceboy.

"Bagaimana ceritanya bisa ketahuan selingkuh dengan aplikasi PeduliLindungi?," sahut @EllynHrp.

''Iyalah kebanyakan cewek kalau masalah stalking, mohon maaf jangankan selingkuhannya, bapak dari selingkuhannya nikah 3 kali aja kita bisa tahu. Sekalinya nge-stalk nggak sampai IG doang bahkan ke akun Linkedin-nya juga. The power of wanita udah pokoknya hahaha," timpal @rainykidz. (berbagai sumber/pp)

  • Bagikan