SEA GAMES: Pemain Harus Fokus, Duh! Timnas Tak Diperkuat Asnawin

  • Bagikan
Para pemain Timnas Indonesia saat merayakan kemenangan. --net--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, VIETNAM-- Duel tensi tinggi bakal tersaji di semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games Vietnam 2021. Indonesia akan menghadapi Thailand, Kamis, 19 Mei 2022 di Stadion Thien Tru'ong Nam Dinh.

Pada duel ini, Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, berpeluang menurunkan pemain Saddil Ramdani.

Garuda Muda dipastikan tanpa Asnawi Mangkualam. Pemain yang sangat agresif di sektor kanan Indonesia ini absen akibat akumulasi kartu kuning. Namun di sektor sayap kiri, Shin Tae-yong mengindikasikan bakal memainkan Saddil Ramdani.

Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan ini harus melihat kondisi terbaru Saddil. Nama yang disebutkan terakhir ini sedang berada di Malaysia. Dia harus kembali ke negeri jiran tersebut untuk memperkuat klubnya, Sabah FC, di pentas Liga Super Malaysia.

Menurut rencana, Saddil akan kembali ke Vietnam pada Rabu, 18 Mei 2022. Ini yang membuat Shin Tae-yong harus melihat kondisi terbaru Saddil dalam menentukan komposisi tim saat melawan Thailand.

Di sisi lain, Shin mengungkapkan Saddil dipastikan akan tiba di Vietnam dan bergabung dengan tim hari ini. Dia mengatakan Saddil berpeluang untuk tampil bersama Egy Maulana Vikri dkk dalam pertandingan nanti.

"Kami akan melihat dulu kondisinya seperti apa sebelum dipertimbangkan apakah dia akan bermain atau tidak pada 19 Mei nanti," ujar Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI. Tanpa Asnawi, Shin Tae-yong kemungkinan besar kembali memberikan kepercayaan kepada Ilham Rio Fahmi.

Meski performa Rio kurang memuaskan terutama di laga perdana grup saat melawan Vietnam, Shin mengatakan bek Persija Jakarta itu sudah mengalami peningkatan saat ini.

"Asnawi tidak bisa bermain karena akumulasi kartu kuning, memang sebagai pengganti ada Rio," kata Shin dalam konferensi pers jelang pertandingan, Rabu, 18 Mei 2022. "Di laga lawan Vietnam performa Rio memang tidak begitu baik, tetapi setelah itu performa semakin naik di pertandingan berikutnya. Apakah Rio akan masuk starter atau tidak, bisa disaksikan besok." Pemain Persija Jakarta tersebut akan menempati posisi bek kanan.

Shin Tae-yong meminta pasukannya fokus saat melawan Thailand. Diakuinya, lawan merupakan salah satu tim terkuat. "Lawan Thailand, kami memang harus benar-benar fokus pada pertandingan karena Thailand merupakan salah satu tim terbaik di Asia Tenggara," ujar Shin Tae-yong.

Sementara untuk Elkan Baggott, pelatih asal Korea Selatan itu mengaku sejauh ini belum ada kabar tentangnya. "Untuk Elkan kami belum tahu dan Saddil hari ini akan sampai di Vietnam, jadi mungkin saja Saddil bisa dimainkan besok," kata Shin.

Duel Indonesia vs Thailand dalam semifinal cabor sepak bola SEA Games 2022 akan tersaji pada Kamis, 19 Mei 2022 pukul 17.00 Wita. Tiga jam kemudian, giliran Vietnam bertemu Malaysia, juga pada babak yang sama, di Stadion Viet Tri, Phu Tho. (*/uce)

Prediksi Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23 (4-3-4):

Ernando Ari Sutaryadi; Rio Fahmi, Fachrudin Ariyanto, Rizki Rido, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Marselino Ferdinan, Ricky Kambuaya; Egy Maulana Vikri, Muhammad Ridwan, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-yong.

Thailand U-23 (4-3-3):

Kawin Thammasatchanan; Anusak Jaiphet, Teeraphat Laohabutr, Nakin Wisetchat, Chaturapat Sattham; Weerathep Pomphan, Benjamin Davies, Irfan Dolo; Patrik Gustavsson, Kornwit Tasa, Chakkrit Palaphon

Pelatih: Alexandre Mano Polking.

Jadwal Siaran Langsung Timnas U-23:

Indonesia vs Thailand – 17.00 Wita

Vietnam vs Malaysia – 20.00 Wita

  • Bagikan