SEA GAMES: Timnas Sepakbola, Misi Balas Dendam!

  • Bagikan

Pemain Timnas Indonesia. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, VIETNAM-- Misi balas dendam masih terpatri keras di kubu Timnas Indonesia U-23. Melawan Thailand di semifinal Sea Games 2021, pasukan Shin Tae-yong akan all out untuk memenangkan pertandingan menuju puncak.

Garuda Muda akan berperang dengan Gajah untuk menentukan satu tiket ke final, Kamis, 19 Mei 2022, pukul 16.00 Wita.

Lantas seperti apa head to head Timnas Indonesia ketika bertemu Thailand?

Pertemuan terakhir Timnas Indonesia versus Thailand terjadi pada ajang Piala AFF 2020. Namun tidak seperti SEA Games yang menurunkan skuad U-23, Piala AFF mempertemukan tim senior.

Kala itu, kedua tim bertemu pada final dan Indonesia kalah agregat 2-6. Di leg pertama, anak asuh Shin Tae-yong kalah 0-4. Lalu pada leg kedua, Skuad Garuda bermain imbang 2-2.

Tidak bisa dimungkiri, pertemuan pada ajang SEA Games 2021 adalah arena tepat untuk balas dendam Shin Tae-yong dan para pemainnya. Apalagi hampir 60-70 persen skuad Timnas Indonesia di SEA Games 2021 merupakan jebolan Piala AFF 2020.

Hanya saja berbicara pertemuan di SEA Games, Timnas Indonesia punya memori cukup manis saat bertemu Thailand.

Adalah fakta pada edisi terakhir, SEA Games 2019 Filipina, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan bisa mengalahkan Thailand dengan skor 2-0.

Kala itu bertemu di fase grup, dua gol Timnas Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

Sayang, langkah Timnas Indonesia di SEA Games 2019 harus terhenti pada semifinal.

Head to Head

Pertemuan Terakhir di SEA Games  (Sejak edisi 2011)

Fase Grup SEA Games 2011 - Indonesia 3-1 Thailand

Fase Grup SEA Games 2013 - Indonesia 1-4 Thailand

Final SEA Games 2013 - Indonesia 0-1 Thailand

Semifinal SEA Games 2015 - Thailand 5-0 Indonesia

Fase Grup SEA Games 2017 - Indonesia 1-1 Thailand

Fase Grup SEA Games 2019 - Thailand 0-2 Indonesia

JADWAL
Timnas Indonesia U-23 bertemu Thailand di semifinal SEA Games 2021 cabang sepakbola putra. Ada perubahan jam pertandingan!

Indonesia melangkah ke semifinal SEA Games Vietnam cabang sepakbola putra setelah menjadi runner-up Grup A. Thailand datang sebagai juara Grup B sempat kalah di laga pertama dari Malaysia.

Sebagian besar skuad Indonesia adalah para pemain U-23 yang tampil di Piala AFF Desember lalu. Situasi ini berbeda dari Thailand yang mayoritas para wajah baru dan pelatih tetap Alexandré Polking.

Duel Indonesia vs Thailand bergulir pada Kamis, 19 Mei 2022 di Thien Truong Stadium, Nam Dinh. Semula dijadwalkan laga ini kick-off pada pukul 19:00 WIB, namun maju menjadi pukul 17:00 Wita.

Semifinal lainnya, antara Vietnam vs Malaysia bergeser ke pukul 20:00 Wita, yang tadinya masuk dalam jadwal sore.

"Besok main jam 4, Pak Ketum," kata Direktur Teknik Indonesia, Indra Sjafri, dalam video call bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Media-media Thailand juga banyak yang menyinggung soal perubahan jadwal ini, yang salah satunya adalah The Thaiger. Media tersebut merasa Thailand bisa kerugian dengan perubahan jadwal karena selama fase grup selalu main malam hari dan punya waktu istirahat satu hari lebih sedikit dari Indonesia.

Di sisi lain, media tersebut memahami betul hak dari tuan rumah. Ada kepentingan untuk menarik banyak penonton andai Vietnam main pada malam hari. (bs/pp)

Jadwal Indonesia vs Thailand

Stadion: Thien Truong, Nam Dinh
Kick-off: Pukul 17:00 Wita

Vietnam vs Malaysia

Kick-off: Pukul 20:Wita (***)

  • Bagikan