Dua Keluarga Husler “Rebutan” Mau jadi Wabup Lutim

  • Bagikan

Hj Puspawati dan Taqwa Muller Lengkapi Persyaratan Pendaftaran Pencalonan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Dua orang keluarga almarhum Muhammad Thoriq Husler, masing-masing Hj Puspawati (istri Alm HM Thorig Husler) dan Muhammad Taqwa Muller (adik Alm HM Thorig Husler), telah melengkapi sejumlah syarat pencalonan pendaftaran sebagai Wakil Bupati Luwu Timur. Salah satu yang sudah dilengkapi adalah Surat Keterangan dari Pengadilan Negeri Malili.

Ada tiga bentuk surat yang diurus kala itu. Yakni, surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya, dan surat keterangan tidak memiliki tanggungan hutang secara perorangan atau badan hukum yang menjadi tanggung jawab yang merugikan keuangan negara, serta surat keterangan tidak pernah terpidana.

"Ketiga surat ini sudah terbit dan sudah mereka ambil,“ kata Humas Pengadilan Negeri Malili, Ardi Dwi Cahyono, Rabu 18 Mei 2022.
Yang mana surat surat tersebut, mutlak dimiliki para bakal calon bupati lutim sebagai syarat yang sudah ditetapkan oleh panitia pemilihan wakil bupati.

Untuk diketahui, Hj Puspawati adalah isteri almarhum M. Thoriq Husler mantan Bupati Lutim yang kini bersatatus sebagai ASN yang memimpin di Dinas Pengendalian Penduduk Luwu Timur.
Sementara M. Taqwa Muller adalah Anggota DPRD Provinsi Sulsel asal Partai Golkar yang tak lain adalah adik kandung dari almarhum M. Thoriq Husler.

Meski keduanya telah melengkapi beberapa syarat yang dibutuhkan dalam pendaftaran, namun berkas tersebut belum bisa diajukan ke Panitia Pemilihan Wakil Bupati karena syarat mutlak rekomendasi partai belum mereka miliki.

Sejauh ini, panitia pemilihan wakil bupati luwu timur telah menerima dua berkas pendaftaran bakal calon wakil bupati luwu timur. Masing masing Rully Heriawan yang merupakan anggota DPRD Lutim asal fraksi Hanura yang direkomendasikan sebanyak dua partai, yakni Partai Hanura dan PBB.

Rully yang juga Sekretaris DPC Hanura Luwu Timur, tercatat sebagai pendaftar pertama calon Wakil Bupati Luwu Timur.
Ia mendaftar Siang tadi di Sekretariat Pemilihan Wakil Bupati di DPRD Luwu Timur, Jl Soekarno Hatta, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa (17/05/22).

Rully diantar puluhan pendukungnya mengendarai belasan kendaraan roda empat. Anggota DPRD Luwu Timur ini mengenakan kemeja putih tiba di Kantor DPRD Luwu Timur sekitar pukul 10.30 Wita.

Di sekretariat berukuran 3×4 meter tersebut, Rully menyetorkan berkas pendaftaran. Ia ditemani ibunya, Hj Marnelis, istrinya Handayani dan anggota DPRD Luwu Timur, Alpian dari Partai Hanura.

Berkas pendaftaran Rully diterima panitia pemilihan yaitu Harisah Suharjo dan Abdul Munir Razak. Hadir juga anggota DPRD Luwu Utara dari Partai Hanura, Sudirman Salomba.
Rully mengatakan siap mundur sebagai anggota DPRD Luwu Timur, bila sudah ditetapkan sebagai calon.

“Saya siap lahir batin mundur sebagai anggota DPRD Luwu Timur. Saya bismillah ingin menjadi wakil bupati,” kata Rully setelah mendaftar.
Kemudian pendaftar kedua, Wakil Ketua II DPRD Lutim, H Usman Sadik. Ia direkomendasikan oleh Partai PAN. (akm/idr)

  • Bagikan