Clement Turpin, Wasit Asal Prancis Pimpin Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid

  • Bagikan
Clement Turpin

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PARIS -- Final Liga Champions 2021/2022 yang melibatkan Liverpool vs Real Madrid bakal dilangsungkan, Ahad dinihari (29/5) WIB pukul 03.00, bakal dipimpin wasit Clement Turpin.

Turpin bakal menjadi pengadil lapangan hijau yang diwarnai bentrok antartim terbaik di Benua Biru yang akan dihelat di Paris, ibu kota dari negara asal sang wasit.

Kepemimpinan wasit 40 tahun ini akan ikut disorot di sepanjang laga. Turpin pun bakal terus diingat jika membuat keputusan kontroversial di lapangan.

Pria kelahiran Oullins, Prancis, pada 16 Mei 1982 itu mengawali kiprahnya sebagai wasit internasional sejak 2010. Ia juga menjabat wasit keempat di final Liga Champions 2018.

Musim lalu, Turpin mendapat kepercayaan jadi wasit final Liga Europa. Di bawah kepemimpinannya, Villarreal keluar sebagai juara usai mengalahkan Manchester United lewat drama adu penalti 11-10.

Sebelumnya, Turpin juga mendapat kepercayaan memimpin di Piala Dunia edisi 2014 dan 2018. Pada 2016, Turpin terpilih sebagai wasit terbaik di Prancis versi majalah French Football.

Di tahun yang sama, Turpin memimpin ajang bergengsi seperti Euro 2016. Selain itu, ia juga ditugaskan di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Rekam jejak yang bagus itulah yang membuat Turpin terpilih sebagai wasit final Liga Champions musim ini.

Dalam kepemimpinan Turpin, Madrid dan Liverpool sama-sama punya catatan bagus. Ia sudah memimpin empat laga Los Blancos di Liga Champions dan semuanya berakhir dengan kemenangan.

Sedangkan Liverpool meraih dua kemenangan dan satu imbang di Liga Champions saat dipimpin Turpin.(int)

  • Bagikan