Evaluasi Kinerja Anggota DPR RI Dapil Sulsel III

  • Bagikan

Oleh. : Dr. Syahiruddin Syah,.M. Si
Pengamat kebijakan Publik Unanda

Keberadaan Anggota DPR RI Dapil III Sulsel kenyataannya sudah berbuat sesuai dengan kemampuan dan usahanya, namun belum optimal yang dirasakan bagi Masyarakat Luwu Raya secara signifikan, mereka baru mampu memberikan kue sebatas wilayah dimana mereka berdomisili. Ataukah memberikan bantuan sebatas masukan masyarakat yang ada di daerah lain akan tetapi belum merata, hal ini dipahami oleh karena jumlah anggota DPR RI asal Luwu Raya sangat terbatas sehingga belum bisa maksimal di dalam memenuhu aspirasi masyarakat diempat daerah otonom di Luwu Raya ini.

Namun ke depan diharapkan semakin intens dan dapat ditingkatkan respon perjuangan aspirasi Masyarakat Tana Luwu.

Hanya ada dua orang anggota DPR RI yang nampak dan aktif bersama masyarakat Luwu seperti, Abang dan Devi Bijak, sosok anak muda yang cepat tanggap dengan keadaan dan kondisi Luwu, serta tingkat kepekaannya terhadap Issue sudah cukup baik, kedua wakil Rakyat tersebut sudah memberikan andil dan sumbangsihnya bagi pembangunan Daerah di Tana Luwu. Namun demikian seyogyanya bukan hanya Devi dan Abang yang Harus berbuat tapi harus mereka berkolaborasi dengan anggota DPR RI lainnya tanpa melihat partai yang diwakilinya

Harapan masyarakat agar para Anggota DPR RI Dapil Sulsel III seyogyanya tingkat kepekaannya terhadap Issue strategis masyarakat Tana Luwu yang perlu disikapi seperti

  1. Issue pemekaran kabupaten( Luteng) yang hampir setia saat masyarakat mendiskusikan dan menyimpan harapan yang sangat mendalam bagi masyarakat yang berada di wilayah bagian Utara kab. Luwu.
  2. Issue pemekaran wilayah Provinsi ( provinsi Luwu Raya) ini juga harus dikawal dan disuarakan oleh Anggota DPR RI bersama 4 pemerintah otonom yang ada di Tana Luwu tanpa membawa nama partai.
  3. Issue pembangunan daerah terisolir yang membutuhkan infra struktur transfortasi Darat, seperti Rongkong, Seko, dan Rampi, utk bagian Utara serta Walenrang barat, bastem dan Latimojong yang berada di bagian selatan barat kab. Luwu.
  4. Issue pembangunan industri, baik itu industri di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan industri lainnya, sekaligus mendatangkan investor untuk mau berinvestasi di Tana Luwu, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Tana Luwu, juga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi, yang secara otomatis Incam perkapita masyarakat akan meningkat.

Bila keempat Issue ini dapat disuarakan oleh Anggota DPR RI asal Luwu Raya maka kedepan masyarakat akan semakin berdaya, inilah harapan Masyarakat Tana Luwu.

Masyarakat sekarang sudah semakin cerdas namun belum berdaya dari segi ekonomi oleh karena kelima point tersebut di atas belum terpenuhi, sehingga kedepan masyarakat akan semakin kritis dalam menyeleksi dan memilih wakilnya yang dapat memperjuangkan aspirasinya di pusat. Selamat membaca semoga bermanfaat bagi kita sekalian.(*)

  • Bagikan