KA Lapas Palopo Bagikan Perlengkapan Mandi Kepada Warga Binaan

  • Bagikan

KA Lapas Kelas IIA Palopo, Jhonny H. Gultom (kiri) saat menyerahkan peralatan mandi kepada salah seorang warga binaan. --riawan--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Usai upacara peringatan hari lahir Pancasila secara daring (online) dengan presiden RI, Joko Widodo, yang diperingati setiap 1Juni, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (KA Lapas) Kelas IIA Palopo, Jhonny H. Gultom melanjutkan kegiatannya dengan berbagi peralatan alat mandi ke warga binaannya, Rabu, 01 Juni 2022.

Saat mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila, Jhonny beserta jajarannya, mengenakan pakaian adat khas Bugis.

Usai upacara secara daring, kemudian dilanjutkan dengan menyambangi warga binaan. Didampingi KA KPLP dan Kasubsi Bimkemaswat, sambang yang dilakukan orang nomor wahid di Lapas Palopo itu, juga membawa pake berupa perlengkapan alat mandi yang kemudian dibagikan langsung ke warga binaan.

Saat dikonfrimasi, Jhonny menyebutkan, kegiatan yang dilakukan itu, merupakan bentuk aktualisasi nilai-nilai luhur Pancasila.

“Sesuai amanat presiden RI, Joko Widodo, saat upacara daring tadi. Dari Kota Ende bapak presiden mengajak kita semua anak - anak bangsa dimana pun berada untuk bersama- sama membumikan Pancasila," Kata Jhonny mengutif amanat presiden.

Sehingga aktualisasi nilai- nilai luhur Pancasila itu lanjutnya, sambang yang dilakukan itu disebut bagian daripada penerapan nilai Pancasila pada butir ke lima yakni "Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia".

"Sebagai bentuk peringatan akan lahirnya Ideologi Pancasila, olehnya itu marilah kita sama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila. Meski tak banyak, peduli sesama dan mampu berbuat adil kepada sesama anak bangsa, tentu itu sangat besar nilainya. Seperti yang kami lakukan di Lapas Palopo, kunjungan dilakukan ke kamar warga binaan. Selain mengajak mereka komunikasi, kami juga memberikan mereka peralatan mandi dan tak lupa menanyakan, mengecek serta mengingatkan warga binaan agar menjaga kesehatan serta menjaga kebersihan kamar mereka," kata Jhonny.

"Selain itu, pembagian peralatan mandi ini merupakan sebagai bentuk wujud pemenuhan perhatian pemerintah melalui Lapas Palopo kepada warga binaan selama menjalani masa pembinaan. Dan ini juga merupakan sebagai wujud peningkatan pelayanan yang diberikan kepada warga binaan," lanjutnya.

Adapun perlengkapan mandi yang diberikan berupa sabun mandi, pasta gigi, sikat gigi, shampo dan Detergen. Pembagian ini akan dilakukan secara berkala demi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan warga binaan.(Riawan)

  • Bagikan

Exit mobile version