Pesantren MBS Penamatan dan Wisuda Santri, Wali Kota Palopo: Saya Bangga Ada Pesantren di Palopo, Semoga Makin Maju dan Sukses

  • Bagikan

Nampak acara Penamatan Santri SMP MBS Palopo dan Wisuda Tahfidz Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Palopo yang dihadiri Wali Kota Palopo Drs. HM Judas Amir, MH.--ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,PALOPO-- Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Palopo, telah melaksanakan Penamatan Santri SMP MBS Palopo dan Wisuda Tahfidz sebanyak 38 Santri dan Santriwati, Sabtu, 4 Juni 2022, Gedung Universitas Muhammadiyah Center Palopo..

Acara tersebut juga dihadiri oleh Wali kota Palopo Drs. HM Judas Amir, M.H, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Drs. K.H Mawardi Pewangi, M.Pd.I, dr. Abubakar Malinta, LP2M Drs. K.H Lukman Abdul Somad, Lc. Pimpinan Daerah Muhmmadiyah Kota Palopo Dr. Tahmid Nur, M.Ag.

Direktur Pesantren Modern MBS Palopo K.M Amril, S.Pd.I.,M.H, menyampaikan, wisuda ini merupakan yang pertama kali bagi Pesantren Modern MBS Palopo.

''Janji kami sebagai Pimpinan Pesantren kepada Orang Tua Santri, selama santri mengikuti program pesantren hanya ditargetkan 2 Juz. Namun, alhamdulillah dalam perjalanan sampai pada hari ini santri kami sudah ada yang menghafal sebanyak 11 Juz. Ini menjadi kebahagiaan bagi kami dan juga orang tua santri karena telah melebihi target yang kami sampaikan,'' katanya.

Ditambahkan, tahun ini telah dibuka Pesantren Modern MBS Palopo tingkat SMA. Ini karena dorongan dari Pimpinan Wilayah agar secepatnya membentuk tingkat SMA di Pesantren MBS Palopo. ''Semoga ini menjadi langkah yang baik untuk pesantren ke depan,'' bebernya.

Acara tersebut juga dibarengi dengan tanda terima tanah wakaf dari keluarga dr. H Abubakar Malinta kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Palopo.

Dalam penyampaiannya, beliau menyampaikan "tadi, saya ditanya oleh Mudir, sebelum memberikan sertifikat saya diharapkan memberikan sepatah kata pengantar. Saya katakan apa tidak riya.? Tapi beliau mendesak katanya untuk memotivasi yang lainnya, maka saya bersedia,"ungkap Pak Dokter Abubakar.

''Ini adalah amanah dari almarhumah istri beliau dr. Ratna Malinta agar tanah tersebut dihibahkan. Almarhumah sampaikan langsung ke saya dan anak-anaknya. Tanah yang ada juga pohon jatinya bisa disenso dan dipergunakan kayunya untuk pembangunan,'' katanya.

Diketahui bahwa tanah yang dihibahkan seluas 8.969 meter persegi terletak di Desa Sampoddo dan Cucu beliau juga mewakafkan tanah yang seluas 5.843 meter persegi.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Palopo Dr. Tahmid Nur, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Ananda Santri yang telah diwisuda. Semoga apa yang diperoleh selama menempuh pendidikan, pembelajaran di pesantren dapat diaplikasikan sebagaimana mestinya.

Dia juga mengucapkan selamat kepada Pesantren Modern MBS Palopo yang telah sukses mengadakan acara wisuda ini. '' Semoga ke depan Pesantren MBS Palopo lebih maju, baik, dan sukses dalam membina santri dan mengelola pesantren,'' harapnya.

Wali Kota Palopo Drs. HM. Judas Amir, M.H dalam sambutannya merasa sangat senang dan bangga. Bahwa, di skala Kota Palopo telah hadir instansi-instansi Pesantren dimana sebelumnya jika berbicara Pesantren di Sulawesi Selatan yang muncul daerah-daerah lain sehingga hadirnya Instansi pesantren ini menjadikan Kota Palopo dapat bersaing dalam bidang Pendidikan Pesantren.

''Kami berharap agar Pesantren Modern MBS ke depan lebih baik,'' harapnya.

Wali Kota juga merasa sangat bangga karena akan bertambah lagi tingkat SMA yang Insya Allah kualitasnya sama dengan tingkat SMP ini.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Drs. K.H. Mawardi Pewangi dalam menanggapi kekhawatiran dr. Abubakar terkait riya, beliau menyampaikan permintaan Mudir untuk menyampaikan sepatah kata bukanlah riya, sepatah kata tersebut untuk menyebarluaskan nikmat yang diberikan Allah.

Menurut Kiai Mawardi, itu ialah perintah Qur'an, Wa Amma bini'mati Rabbika Fahaddits. Nikmat tuhan itu disebarluaskan supaya menjadi contoh bagi yang lainnya.

Penandatanganan berita acara serah terima sertifikat tanah wakaf tersebut disaksikan oleh Wakil Ketua PWM SulSlsel Drs. K.H Mawardi Pewangi, M.Pd.I, Ketua Lembaga Pembinaan Pondok Pesantren Muhammadiyah Sulsel K.H Lukman Abdul Simad, L.C serta Wali Kota Palopo Drs. H. Judas Amir, M.H. (*/pp)

  • Bagikan

Exit mobile version