Terbuka Koalisi NasDem, Demokrat, dan Gerindra

  • Bagikan
  • Setelah Prabowo, SBY Temui Surya Paloh

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA – Presiden Keenam Indonesia yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono SBY (SBY) menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Ahad malam (5/6/2022).


Pertemuan itu sendiri berlangsung sekitar 3 jam lebih. Mulai dari pukul 19.00 WIB hingga 22.05 WIB.
Ketua Bappilu DPP Partai Demokrat, Andi Arief mengatakan silaturahmi kedua tokoh bangsa itu merupakan hal yang lumrah.


Kunjungan itu sendiri sebagai balasan atas kunjungan Surya Paloh saat menjenguk SBY yang sempat menjalani perawatan di Amerika Serikat.


“Kunjungan balik pak SBY atas kunjungan SP di amerika saat SBY berobat. Sebagai orang timur layaknya begitu,” kata Andi Arief dikutip Fajar.co.id di akun @Andiarief__, Senin (6/6/2022).
Soal pembicaraan kedua tokoh itu, Andi Arief enggan membeberkannya.


“Apakah ada pembicaraan politik, hanya SBY dan SP dan Tuhan yang tahu,” ungkapnya.
Dari foto yang beredar, tampak SBY didampingi oleh Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.
Sementara di jajaran NasDem, Surya Paloh ditemani Sekjen Johnny G Plate dan Ketua Bappilu Prananda Surya Paloh.

Gerindra
Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ditanya soal kriteria calon presiden (capres) 2024. Menurutnya, siapa saja warga negara Indonesia bisa jadi capres, tidak harus dirinya.
"Enggak harus Prabowo, siapa saja, masa Republik ini…," kata Prabowo usai bertemu Surya Paloh di DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta, Selasa (1/6).


Prabowo mengatakan, kriteria capres adalah warga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani. Namun, intinya, harus ada sosok yang sungguh-sungguh komitmen dan setia kepada Pancasila dan UUD 1945 seutuhnya. Tidak hanya sebagai mantra.


"Dan kalau bisa yang berpengalaman," kata Prabowo. Prabowo menyebut, dalam suatu Republik yang baik adalah kewajiban setiap warga negara yang mampu secara fisik, intelektual, jasmani dan kondisi ekonomi yang matang wajib menawarkan dirinya kepada negara dan bangsa. "Kita ingin anak anak muda harus berani menawarkan diri," ucap Menhan ini.


Sementara itu, usai melaksanakan pertemuan kurang lebih lima jam itu, Surya Paloh dan Prabowo terlihat saling lempar senyum setiap kali berbicara.


Surya Paloh mengatakan, pertemuan membicarakan banyak hal dengan Prabowo sehingga memakan waktu yang cukup lama. Menurut dia, hal ini tak lain karena keduanya sudah bersahabat sejak lama.
"Pertemuan kami tadi banyak membicarakan hal-hal romantisme. Semangat persahabatan yang cukup terjaga dan dalam kurun waktu yang cukup lama, puluhan tahun," kata Surya di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2022).


Prabowo Subianto menyambangi NasDem Tower di Gondangdia untuk menemui Surya Paloh, pada Rabu (1/6/2022). Prabowo tiba di DPP Nasdem pukul 11.50 WIB. Dia datang menaiki mobil putih bernomor polisi B 1027 RFD.


Sekadar diketahui, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menjawab rumor dukungan partainya mengarah ke Anies Baswedan untuk Pilpres 2024. Menurut dia, NasDem belum langsung mengerucut ke satu nama.


"Kalau untuk satu kan belum, karena nama Anies dinominasikan saya pikir semua kita bisa memahami itu," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (2/8).
Paloh mengakui nama Anies saat ini memang populer saat ini. Sama dengan sejumlah tokoh lain seperti Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, maupun Puan Maharani.(idr)

  • Bagikan