Pilwalkot Palopo Diprediksi Lima Paslon

  • Bagikan

Golkar, PPP, dan PDIP Sudah Siapkan Calon Wali Kota

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Kota Palopo 2024 mendatang diprediksi terdapat lima pasangan calon (Paslon).

Dosen Universitas Andi Djemma (Unanda) Kota Palopo, Haedar Djidar MH menalisis terkait jumlah Paslon yang akan maju di Pilwakot Palopo mendatang. Hal ini didasarkan dengan jumlah kursi sebanyak 25 yang ada di parlement Kota Palopo.

"Jika melihat jumlah kursi yang ada di DPRD Palopo maka potensinya bisa lima Paslon. Karena syarat mengusung Paslon minimal 5 kursi," kata Haedar Djidar, Senin, 6 Juni 2022.

Selain itu, kata Haedar, potensi jumlah calon ke depan dilihat dari figur yang selama ini diperbincangkan dipublik. Seperti, Rahmat Masri Bandaso, Akhmad Syarifuddin, Farid Kasim Judas, Kamal Dakka dan Haidir Basir.

"Keberadaan mereka ini menguat untuk maju sebagai calon ke depan. Lagi pula diantara mereka sudah ada yang mulai melakukan pergerakan ke masyarakat," terang mantan ketua KPU Palopo ini.

Adapun partai yang siap mengusung calon mereka ke depan wajib memenuhi 5 kursi di parlemen dari Pemilu 2024 nanti yang akan dijadikan patokan dalam mengusung calon. "Jika kursinya tidak memenuhi maka harus koalisi dengan parpol lainnya untuk memenuhi syarat tersebut," terangnya.

Usung Kader
Perhelatan politik dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo 2024 mendatang diprediksi melibatkan sejumlah calon. Terutama dari kalangan partai politik (Parpol) dipastikan akan mengusung ketua Parpol mereka.

Seperti, dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Palopo. Bukan lagi rahasia jika ketua PPP Palopo saat ini, Haidir Basir akan meramaikan bursa pencalonan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo mendatang. Nama Haidir Basir adalah salah satu nama yang cukup santer dibucarakan untuk maju bertarung di Pilwalkot mendatang. Bahkan Hadir Basir punya pengalaman bertarung di Pilwalkot Palopo 2013 lalu.

Selain PPP, ada juga Golkar yang dipastikan mendorong ketua mereka, Rahmat Masri Bandaso. Wakil Wali Kota Palopo ini memiliki segudang pengalaman dalam pertarungan Pilwalkot Palopo. Dua kali menduduki jabatan sebagai Wakil Wali Kota Palopo.

Sekrataris partai Golkar Palopo, Taufan mengatakan bahwa partai Golkar Palopo sangat siap mendorong ketua mereka. Bahkan saat ini RMB, sapaan akrab Wakil Wali Kota Palopo ini mulai dipersiapkan sebagai calon 01 untuk Kota Palopo.

"Itu sudah pasti Golkar Palopo mempersiapkan RMB. Sebab di internal partai Golkar RMB memiliki popularitas dan elektabilitas paling tinggi dan bahkan sudah bergerak secara massif," katanya, Ahad 5 Juni 2022, lalu.

Tidak berbeda dengan RMB dan HB. Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Palopo, Alfri Jamil adalah salah satu figur dari kalangan politisi punya potensi maju bertarung.

Bahkan, mantan anggota DPRD Palopo tiga periode ini bahwa PDI Perjuangan akan mengutamakan kader untuk maju. Bahkan kata Alfri, PDI Perjuangan secara sudah mengeluarkan penugasan agar para kader di semua tingkatan mengambil bagian dalam pertarungan Pilkada.

"Tentu kami melihat hasil survei. Dan terutama PDI Perjuangan Palopo akan bekerja mengamankan kursi di Pemilu 2024 mendatang sehingga memuluskan langkah untuk mendorong kader. Hasil Rakerda PDI Perjuangan pusat juga telah menegaskan dalam Rakerda agar kader PDI Perjuangan maju dalam pertarungan Pilkada," terang Alfri Jamil. (rul/idr)

  • Bagikan