Hadiri Rapat Internal Bidang Kominfo IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman: Peran Media Sangat Penting

  • Bagikan

Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman (berdiri, tengah) dan Sekjen Prof Yusran Jusuf foto bersama peserta rapat Bidang Komunikasi dan Informatika IKA Unhas di lantai 3 AAS Building, Rabu, 8 Juni 2022. FOTO: Fajar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--  Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas), Andi Amran Sulaiman (AAS) menilai, peran media sangat penting dalam memasifkan publikasi kegiatan organisasi ke publik.

Hal ini disampaikan AAS saat memberikan pengarahan dalam rapat internal Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) IKA Unhas di Lantai 3 AAS Building Jalan Urip Sumuhardjo, Makassar, Rabu, 8 Juni 2022.

"Peran media sangat penting. Semua kegiatan IKA Unhas, tidak akan tersebar dan diketahui masyarakat, jika bidang ini (Komunikasi dan Informatika) tidak bekerja dengan baik,” ungkap Andi Amran Sulaiman.

Menteri Pertanian periode 2014-2019 ini meminta supaya Bidang Komunikasi dan Informatika IKA Unhas menjadi garda terdepan penyebaran informasi tentang aktivitas organisasi. "Roh ber-IKA ada di bidang ini," pesannya.

Bos Tiran Grup ini mengambil contoh, tentang potensi sumber daya alam yang ada di Indonesia. Jika tidak diberitakan oleh media, bahwa banyak potensi sumber daya alam di Indonesia, maka negara asing tidak akan datang berinvestasi. "Saya berharap ini menjadi perhatian serius," ujarnya.

Untuk diketahui, Bidang Komunikasi dan Informatika IKA Unhas menggelar rapat di lantai 3 AAS Building Jalan Urip Sumuhardjo, Makassar. Rapat ini untuk mengkoordinasikan dan mensinkronkan pemberitaan tentang IKA di media.

Rapat dipimpin Ketua Bidang Komunikasi dan Informatika, H Suwardi Tahir. Mantan Pemred Harian Fajar ini memaparkan strategi pemberitaan tentang IKA Unhas dalam rangka branding organisasi para alumni Unhas tersebut.

“Kita sudah membuat sejumlah skema. Mulai dari media mainstream hingga media antimainstream,” kata Suwardi.

Menurutnya, sejak pengurus IKA Unhas dilantik, tracking media yang mereka lakukan semua pemberitaan positif. “Ini yang patut disyukuri. Tapi mesti ada peningkatan,” jelasnya.

Khusus media online, Suwardi menegaskan jika IKA Unhas berencana akan mendirikan media online yang khusus membranding semua kegiatan IKA Unhas. “Termasuk ide dan gagasan para alumni kita akan eksplore,” terangnya.

Apa yang disampaikan Suwardi mendapat respons Sekjen IKA Unhas, Prof Yusran Jusuf yang juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Mantan Pj Wali Kota Makassar ini mengatakan, Ketua Umum IKA Unhas menekankan tiga hal dalam semua kegiatan IKA.

“Yang pertama adalah bagaimana kita membranding IKA Unhas, yang kedua peningkatan kapasitas alumni, dan ketiga kegiatan peduli sosial. Ini yang harus menjadi roh di setiap kegiatan kita,” papar Prof Yusran.

Rapat yang dipandu Ketua Divisi Media Elektronik, Kamaruddin Azis ini berlangsung dinamis.

Rapat dilakukan secara hybrid. Sejumlah pengurus juga ikut melalui zoom. Banyak yang disarankan peserta rapat melalui zoom. Di antaranya agar Bidang Komunikasi dan Informatika membuat aturan main tentang model pemberitaan agar semua pemberitaan IKA Unhas bisa terkoordinasi dengan baik. (rls)

  • Bagikan