Jemaah Termuda 31 Tahun, Tertua 64 Tahun

  • Bagikan
SEJUMLAH CJH Kota Palopo menukarkan uang rupiah dengan uang riyal usai manasik haji di Aula Masjid Agung Luwu Palopo, Senin 6 Juni 2022. IDRIS/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Palopo yang berjumlah 52 orang, terus memantapkan persiapan sebelum berangkat ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah.

Di hari kedua manasik haji yang diadakan di aula Masjid Agung Luwu Palopo, Senin 6 Juni 2022, terlihat sejumlah CJH Palopo sibuk menukarkan uang rupiahnya dengan uang riyal Saudi.

Ustaz Yusri, salah satu CJH yang akan berangkat berhaji tahun ini menuturkan, uang riyal ini nantinya akan dipakai belanja di Saudi.
Penukaran uang riyal ini disediakan pihak Bank BSI Cabang Palopo. Dengan menukarkan paket 250 riyal dengan uang rupiah sebanyak Rp1.025.000.

"Kita siapkan paket penukaran riyal sebesar 250 riyal dengan nilai 1.025.000 rupiah," kata Ibu Ardika, salah satu staf BSI Cabang Palopo di lokasi manasik.

Adapun isi dari 250 riyal ini terdiri dari pecahan 1 lembar uang senilai 100 riyal, 1 lembar uang 50 riyal, 2 lembar 10 riyal, dan 2 lembar 5 riyal.
Adapun CJH Kota Palopo termuda adalah Lismawati Binti H. Side usia 31 tahun, sedangkan tertua ada 2 orang berusia 64 tahun, yakni, Umra Lapiteri dan Suhaya Binti Lolo.

Tes PCR Gratis
Sementara itu, Kasi PHU Kemenag Palopo, H. Mikail saat diwawancara Palopo Pos usai manasik menuturkan, setelah dua hari manasik haji bagi 52 CJH, rencananya akan dilakukan tes PCR bagi jemaah Selasa 21 Juni mendatang oleh timkes Dinkes Palopo.

"Jadi 21 jemaah jalani tes PCR oleh tim kesehatan Dinkes Palopo. Dan itu gratis, tidak dipungut biaya," kata H. Mikail.Terpisah, BSI Cabang Palopo, San Ashari M.Kes yang dikonfirmasi menjelaskan, Dinkes Palopo turut membantu jemaah Palopo yang akan berangkat berhaji dengan menyiapkan selalu layanan kesehatan gratis.

"Kami periksa selalu kesehatan para jemaah, baik di Puskesmas Wara dan RSUD Sawerigading Rampoang," katanya. Sedangkan pada 21 Juni mendatang, timkes dinkes juga akan melakukan tes PCR bagi 52 CJH yang akan berangkat. Dan semuanya gratis, tidak ada pungutan biaya.

Untuk diketahui, jumlah CJH Palopo yang akan berangkat ke Mekkah sebanyak 52 orang. Dijadwalkan masuk Asrama Haji Sudiang Makassar pada Kamis 23 Juni, mendatang, dan berangkat ke Saudi 24 Juni.

Sebagai informasi, CJH Tana Toraja dan Toraja Utara tercepat diberangkatkan ke Mekkah, yakni Ahad 19 Juni 2022. Disusul CJH asal Kab. Luwu Selasa 21 Juni, CJH Kota Palopo Jumat 24 Juni, CJH Lutim Senin 27 Juni, dan terakhir CJH Lutra Kamis 30 Juni.

CJH yang akan berangkat dipastikan sudah vaksin Covid lengkap (dosis 2). Lalu, sudah vaksin meningitis, wajib tes PCR 3x24 jam sebelum berangkat.

Nantinya CJH sebelum masuk asrama haji harus membuktikan negatif Covid-19 dengan memperlihatkan hasil tes PCR tersebut. Dan bagi CJH yang positif Covid, akan dikarantina selama 5 hari. (idr)

  • Bagikan