Polres Palopo Evaluasi Peralatan Dalmas dan PHH Pengamanan Pemilu 2024

  • Bagikan
Ketua Tim Peneliti Puslitbang Polri, Kombes Pol Syahrial M. Said didampingi Wakapolres Kompol Sanoding di Aula Tantya Sudhirajati Polres Palopo, Rabu 8 Juni 2022 kemarin. --ft/repro

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BOTING-- Kendati Pemilihan Umum 2024 masih jauh, namun Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri sudah berkunjung ke Polres Palopo guna menggelar penelitian tentang evaluasi peralatan pengendali massa (Dalmas) dan Penindakan Huru Hara (PHH).

Giat tersebut dibuka Ketua Tim Peneliti Puslitbang Polri, Kombes Pol Syahrial M. Said, didampingi Wakapolres Kompol Sanoding, berlangsung di aula Tantya Sudhirajati Polres Palopo, Rabu 8 Juni 2022 kemarin. Nampak hadir para Kasat, Kabag, para Kapolsek dan Kasi Polres Palopo.

Dikesempatan itu, Kombes Pol Syahrial M. Said, menyampaikan bahwa Polri merupakan bagian dari fungsi pemerintahan Negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam menjalankan fungsi tersebut, polri harus selalu mendukung agenda pembangunan Nasional termasuk Pemilihan Umum dan Pilkada serentak di Indonesia,” ucapnya.

Menurutnya lagi, dengan diadakannya Pemilu 2024 mendatang, untuk mengantisipasi agar semua keadaan dapat terkendali dengan baik dan kondusif. "Jadi kita harus tetap mengedepankan pada pola pelayanan berbasis HAM dan mengutamakan strategi preemtif dan preventif. Yang utama adalah peralatan dalmas dan phh harus harus siap dan mulai sekarang perlu mendapatkan perhatian,” tuturnya.

Dapat dilihat dari berbagai kasus yang terjadi di lapangan saat mengantisipasi aksi unjuk rasa yang bersifat anarkis, masih ditemukan adanya kondisi peralatan Dalmas dan phh polri pada saat digunakan tidak berfungsi secara optimal seperti kaca helm petugas pecah ketika terkena benda keras, dan lain sebagainya.

"Bila kebutuhan peralatan baik untuk perorangan maupun kesatuan masih kurang memadai, baik dari kuantitas maupun kualitas maka akan berpengaruh pada kesiapan dalam melakukan pengamanan nanti. Semoga dari penelitian ini diharakan diperoleh kondisi riil peralatan Dalmas dan PHH saat ini sehingga Polri dapat melakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan kelayakan mutu peralatan," pungkasnya. (him)

  • Bagikan