Busa Besar di Sawah Milik Warga Gasing Tana Toraja, Lihat Penampakannya

  • Bagikan

Muncul busa besar di persawahan dianggap fenomena alam oleh warga setempat di To' Bulo, Dusun Padang Lebane', Lembang (Desa) Gasing, Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, Kamis (9/6/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Terjadi fenomena unik dan dianggap langka terjadi di Kabupaten Tana Toraja, tepatnya di To' Bulo, Dusun Padang Lebane', Lembang (Desa) Gasing, Kecamatan Mengkendek.

Fenomena alam unik tersebut berupa gumpalan busa berwarna putih ditemukan warga setempat di persawahan, Kamis (9/6/2022).

Padahal, tidak terjadi hujan sehari sebelumnya, namun tiba-tiba gumpalan busa besar muncul di sawah dekat pemukiman warga.

Warga Dusun Padang Lebane heran akan peristiwa unik dan muncul begitu saja dengan ukuran besar.

“Munculnya gumpalan busa mulai kecil sampai besar itu sejak hari Rabu, dan tidak ada hujan sama sekali,” ujar Yulianus Massang.

Menurutnya, tidak mungkin air sabun karena munculnya di sawah dan menyerupai awan tebal berbagai bentuk.

Kata Yulianus, terdapat lima gumpalan busa tebal muncul pada satu kawasan sawah dan tidak diketahui pasti darimana asal usulnya.

“Sudah dua hari gumpalan busa tebal itu muncul di sawah dan pada lokasi yang sama, muncul saat pagi dan menjelang siang sudah hilang lagi, kemarin muncul tiga gumpalan busa besar, tadi pagi ada dua,” terangnya.

Adanya fenomena alam tersebut, warga sekitar percaya datangnya busa tersebut diyakini pertanda baik. 

“Orang-orang tua dulu bilang fenomena itu disebut Kendek Burana Padang, yang dimaksud sebagai pentanda baik untuk hasil persawahan,” pungkas Yulianus.

Diketahui banyak warga datang mengambil gambar dan berswafoto dekat busa besar tersebut dan menguploadnya di media sosial. (risna)

  • Bagikan

Exit mobile version