Punya Tokoh RMB, HB, dan ABP untuk Dijadikan Calon

  • Bagikan
ILUSTRASI

Bila Koalisi Golkar, PAN, dan PPP juga Sepakat di Palopo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Tiga partai besar saat ini sudah menjajaki koalisi di pusat. Yakni, Partai Golkar, PPP, dan PAN yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun, koalisi tersebut masih sampai di tingkat provinsi, belum ada perintah sampai ke tingkat kabupaten/kota.
Jika betul sampai ke tingkat kabupaten/kota, maka, dipastikan tiga parpol besar ini akan sangat bisa mengusung pasangan calon. Seperti di Pilwalkot Palopo 2024 mendatang.

Berkaca dari perolehan kursi anggota DPRD Palopo saat ini, dari tiga parpol di atas, maka akan terbentuk koalisi "gemuk". Partai Golkar dengan jumlah 5 kursi, PPP dengan 2 kursi, dan PAN 2 kursi. Total 9 kursi dari 25 kursi yang ada di parlemen Kota Palopo.

Berbicara soal figur bacalonnya, tentunya dari tiga parpol tersebut ada nama Ketua Partai Golkar Palopo, Dr Rahmat M Bandaso, dan Ketua PPP Kota Palopo, Haidir Basir. Sedangkan di PAN, ada Abduh Bakri Pabe, Herawati Masdin, dan Hj Ely Niang.

Namun dikatakan Bendahara PPP Kota Palopo, Muhammad Mahdi, bahwa KIB yang melibatkan 3 parpol ini baru sebatas di tingkatan provinsi belum sampai ke tingkat Kabupaten/Kota.

Anggota DPRD Palopo ini menambahkan bahwa dasar pembentukan koalisi ini didasarkan untuk memenangkan perhelatan Pilpres dan Pilgub 2024. Hanya memang koalisi ini belum menetapkan siapa figurnya.

Adapun PPP Palopo, Mahdi menegaskan siap mendorong ketua PPP Palopo, Haidir Basir bertarung di Pilwalkot. Mahdi menilai Hadir Basir adalah salah satu figur yang pas diusung di Pilwalkot mendatang ditambah lagi jika KIB ini terbentuk sampai di Kota Palopo. "Jika koalisi PPP, Golkar dan PAN nantinya terbentuk di Palopo dengan mengikuti tingkat pusat dan Provinsi tentu dapat dipastikan sulit dikalahkan," tandas Mahdi.

Di Pilwalkot Palopo 2018, lalu, ketiga partai tersebut juga bersama-sama dalam satu "gerbong" mengusung paslon petahana HM Judas Amir-Rahmat M Bandaso.(idr)

  • Bagikan