Bangun Masjid Terbesar di Makassar, Ketua IKA Unhas Sudah Siapkan Ini

  • Bagikan

Tahun Ini Mulai Dibangun di Panakukkang, Pakai Dana Pribadi Andi Amran SulaimanTahun Ini Mulai Dibangun di Panakukkang, Pakai Dana Pribadi Andi Amran Sulaiman

Ketua IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman dan pengurus IKA Unhas menyusuri Sungai Tello bersama Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Jumat (10/6/2022) pagi. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas), Andi Amran Sulaiman segera mewujudkan cita-citanya. Ia berencana membangun masjid terbesar di Kota Makassar.

Saat ini desain masjid tersebut sudah siap. Bahkan anggaran dan lokasinya sudah ada.

Rencana pembangunan masjid ini terungkap saat Andi Amran bersama Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyusuri Sungai Tello menggunakan kapal motor, Jumat (10/6/2022) pagi.

Rombongan berangkat dari areal empang milik Andi Amran di Kelurahan Panaikang. Tidak jauh dari belakang markas Kodam XIV Hasanuddin.

Wali Kota Makassar didampingi sejumlah pejabat Pemkot Makassar. Sedangkan Andi Amran didampingi Sekjen IKA Unhas, Yusran Jusuf dan sejumlah pengurus IKA Unhas lainnya seperti Andi Idris Manggabarani, Salahuddin Alam, Suwardi Tahir, Sakka Pati, Rezki Muliady dan Iqbal Suaeb.

Banyak hal yang didiskusikan dalam perjalanan menyisir sungai pagi tadi. Terutama rencana pengembangan konsep waterfront city di Sungai Tello. Termasuk menciptakan spot wisata baru di areal sungai.

“Saya bersama Pak Amran ingin melihat potensi sungai, termasuk terkait pengembangan waterfront city yang merupakan program Pemkot Makassar,” kata Wali Kota Makassar, Danny Pomanto.

Kebetulan, kata Danny, Andi Amran akan membangun masjid terbesar di Makassar tidak jauh dari empang miliknya. Bisa saja kawasan ini disinergikan.

“Kami juga punya rencana untuk memframing sungai supaya orang tidak merambah sungai, kita melindungi sungai, melindungi air kita. Kebetulan pak ketum alumni Unhas, pak Andi Amran punya ide yang sama soal itu. Sehingga kita bisa bersinergi,” papar Danny Pomanto.

Konsep waterfront city ini nantinya akan dibangun fasilitas olah raga, wisata dan kawasan budidaya perikanan. Sehingga, lanjutnya, ini akan menjadi destinasi wisata sungai di Makassar.

Sementara itu Menteri Pertanian RI periode 2014-2019 mengaku jika ia telah mendesain pembangunan masjid tidak jauh dari empang miliknya.

“Lahannya sudah siap. Anggarannya pun telah tersedia. Anggaran pembangunan masjid ini semua dari dana pribadi. Tidak ada bantuan dari pemerintah, maupun pihak lain,” jelas Amran.

Masjid ini, kata dia, tidak hanya sekadar tempat beribadah. Tetapi ia akan menyiapkan sejumlah fasilitas. Baik fasilitas sosial mupun untuk kegiatan-kegiatan keagamaan.

“Rencananya pembangunan akan kita lakukan tahun ini juga. Ini akan menjadi tabungan akhirat untuk saya dan keluarga,” ujar pemilik PT Tiran Group ini.

Usai menyisir Sungai Tello, rombongan lalu kembali ke empang milik Andi Amran. Sekitar 2 jam perjalanan rombongan melihat alur sungai dan memetakan potensi yang ada.

Saat tiba di baruga yang berada di tengah empang, rombongan disambut dengan menu sarapan yang menggoda. Seperti ikan bakar, coto, pallubasa, buras dan sajian buah-buahan. (rls)

  • Bagikan