Gerindra Siapkan Kader Maju Pilwalkot, ABP Ingin Fokus Nyaleg Provinsi

  • Bagikan

Juga Terbuka untuk Berkoalisi

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Partai Gerindra Palopo adalah satu Partai Politik (Parpol) yang siap mengambil bagian dalam perhelatan politik pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Palopo 2024 mendatang. Ada beberapa kader Gerindra saat ini yang dinilai memiliki potensi sebagai calon ke depan. Saat ini, partai Gerindra memilki tiga keterwakilan di parlement DPRD Palopo yakni, Nureny, Bigi Harto dan Budirani Ratu. Bahkan, ketua DPC Gerindra Palopo, Hj Hasriani punya peluang didorong maju.

Ketua DPC Gerindra Kota Palopo, Hj Hasriani mengatkan bahwa partai Gerindra juga menargetkan mengusung kader mereka di Pilwalkot mendatang. Bahkan, Hj Hasriani sendiri tidak menampik keberadaannya untuk maju sebagai calon dalam Pilwalkot mendatang. "Partai Gerindra tentu sangat siap mengambil bagian dalam Pilwalkot mendatang. Tidak terkecuali saya pribadi siap sepanjang partai mengamanahkan," katanya, melalui ponselnya, Rabu, 8 Juni 2022.

Oleh karena itu, anggota DPRD periode 2014-2019 ini memperioritaskan perolehan suara dan kursi di parlement 2024 mendatang demi memuluskan keberadaannya maju sebagai calon. "Yang paling utama saat ini adalah kesiapan dalam menghadapi Pemilu. Lagi pula saat ini fokus kita dalam menghadapi verifikasi Parpol sebagai calon peserta Pemilu ke depan.

Kita tetap optimis Gerindra minimal mampu mempertahankan jumlah kursi yang ada sekarang," katanya.
Selain itu, Gerindra juga membuka ruang bagi Parpol lainnya yang akan membangun koalisi untuk perhelatan Pilwalkot Palopo. Sebab, kata dia, Gerindra tidak hanya berpatokan kepada kader melainkan juga untuk pihak di luar partai Gerindra.

"Kami Gerindra tetap siap bilamana ada parpol yang ingin membangun koalisi ataupun kepada pihak di luar partai Gerindra yang ingin maju bersaing di Pilwakot mendatang. Jadi, kalau ada pihak lain yang akan menggunakan Gerindra bertarung di Pilwalkot tentu tidak ada masalah," katanya.

Fokus Caleg Provinsi
Terpisah, disebut sebagai salah satu figur potensial untuk maju pada Pilwalkot Palopo 2024 mendatang, Ketua DPD PAN Palopo, Abduh Bakri Pabe (ABP) merasa tersanjung. Menurutnya, sah-sah saja menyebut namanya masuk bursa bakal calon Wali Kota.

Hanya saja, politisi berlatar belakang pengusaha ini, memberi ruang kepada figur lain untuk maju pada kontestasi Pilwalkot mendatang.
''Kalau saya mau fokus Caleg provinsi. Untuk membesarkan partai,'' kata ABP yang dihubungi via telepon, Kamis, 9 Juni 2022 siang kemarin.

Menurutnya, dalam menghadapi Pemilu 2024, ABP yang juga mantan aktivis mahasiswa era reformasi di Makassar, memiliki dua plan atau perencanaan. Yakni plan A maju caleg DPRD Provinsi Sulsel. Dan plan B, melihat peluang pada Pilwalkot. ''Kalau Pilwalkot, saya lihat dulu perkembangan,'' katanya.

ABP selaku PAN Palopo menargetkan tiga sampai empat kursi PAN di DPRD Palopo pada Pemilu 2024. Setiap Dapil minimal satu kursi, dari tiga Dapil di Palopo. Partai ini telah membuka pendaftaran Caleg dengan kuota 50 persen kader dan 50 persen non kader/tokoh masyarakat. (rul/ikh)

  • Bagikan