Tiga Bidang Ajukan 9 Pilar Untuk Alumni Unhas

  • Bagikan

Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman bersama pengurus IKA Unhas usai rapat bersama Waketum 09, Aliyah Mustika Ilham.
--hms--

PALOPOPOS.COID, MAKASSAR, Tiga bidang di bawah komando Wakil Ketua Umum (Waketum) IKA Unhas, Aliyah Mustika Ilham melakukan rapat koordinasi di AAS Building, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar, Sabtu (11/6/2022).

Ketiga bidang tersebut adalah Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kesehatan, Hukum dan HAM. Rapat dipimpin langsung Aliyah Mustika Ilham.

Dalam arahannya, anggota DPR RI ini meminta semua bidang mendesain dan menyusun program kerja untuk kepentingan seluruh alumni Unhas. Utamanya menyangkut isu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kesehatan, hukum dan hak asasi manusia (HAM).

Setelah semua bidang dan divisi mengeluarkan pendapat dan pandangannya, akhirnya pada rapat disepakati ketiga bidang ini akan menyusun program utama yang disesuaikan dengan kebutuhan alumni.

“Karena ibu Aliyah adalah waketum 09, maka pada rapat diputuskan program utama kami adalah 9 pilar untuk alumni Unhas,” jelas Wasekjen IKA Unhas, Sakka Pati, Senin (13/6/2022).

Program 9 pilar ini, kata Sakka Pati, berupa 3 program dari bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, 3 program bidang kesehatan dan 3 program bidang hukum dan HAM.

Ketika ditanya lebih detail, dosen Fakultas Hukum Unhas ini menjelaskan, untuk bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak contohnya membuka jasa konsultan gratis bagi korban kekerasan terhadap perempuan dan kekerasan seksual.

“Untuk bidang kesehatan salah satunya kita akan buat semacam kemudahan bagi pengurus atau alumni Unhas ketika berobat di Rumah Sakit Unhas. Bisa juga berupa pengurangan biaya. Tapi nanti dirumuskan secara teknis,” katanya.

Sementara bidang hukum dan HAM, Sakka mengatakan, IKA Unhas akan membuat konsultan dan bimbingan hukum. “Walaupun sudah ada Institut Bisnis dan Profesi, tapi persoalan hukum ini ada kekhasan,” kata Sakka.

“Semuanya nanti akan dibuat secara detail lagi dalam sembilan untuk alumni Unhas,” tutup Sakka.

Rapat ini juga dihadiri Ketua Umum IKA Unhas, Andi Amran Sulaiman dan Bendahara Umum Murtir Jeddawi.

Kepada seluruh peserta rapat, Andi Amran mengatakan hal yang paling penting dalam kepengurusan IKA Unhas ini adalah kolaborasi dan sinergi seluruh alumni.

“Kita harus memetakan seluruh SDM alumni karena banyak alumni Unhas yang luar biasa,” ujar Andi Amran Sulaiman.

Menurut Amran, hal utama yang harus dilakukan oleh pengurus adalah bagimana mengubah pola pikir dan mindset para alumni Unhas.

“Seperti Ibu Aliyah yang juga anggota DPR RI. Sebagai wakil rakyat, harus mengawal aspirasi rakyat,” katanya. (*)

  • Bagikan